Baku Pukul Manyapu Negeri Mamala ; IM3 OOREDOO Mantap !

Udara terik menyambut kedatangan kami di lokasi. Ratusan kendaraan roda empat dan dua beriringan memasuki pintu masuk desa atau negeri Mamala. Petugas kepolisian tampak sibuk mengarahkan masyarakat yang tumplek menuju tempat acara tahunan Baku Pukul Manyapu. Tampak hadir Pejabat Propinsi, Pangdam XVI Pattimura, Bupati Maluku Tengah. Acara tahunan yang diselenggarakan di Stadion Mini Hatusela Mamala ini sudah berlangsung ratusan tahun sebelumnya. Sebelum puncak acara Baku Pukul disuguhi tarian sejarah yang masih juga dipertahankan hingga kini. Ada 2 orang yang harus dikeluarkan dari arena acara karena kemasukan roh. Setelah mendengarkan kata sambutan mulai dari Ketua Pelaksana hingga para pejabat acara Baku Pukul Manyapu pun dimulai. Agak mengherankan memang acara seremonial lebih banyak memakan waktu dibandingkan dengan evennya itu sendiri yang hanya berlangsung selama kurang lebih 10 menit saja.Tujuan dilaksanakannya acara ini adalah sebagai ungkapan syukur atas kemenangan yang diraih oleh umat muslim setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Baku Pukul Manyapu tahun ini juga diadakan di Negeri Morela yang bersebelahan lokasinya dengan Negeri Mamala.

Meski terjadi penurunan dalam jumlah kehadiran masyarakat namun acara ini berlangsung aman dan terkendali apalagi Pangdam XVI Pattimura dalam sambutannya mengajak semua yang hadir untuk berikrar Negeri Mamala Damai dan Aman. Usai kegiatan masyarakat yang menyaksikan mesti berjuang lagi menuju lokasi parkir dengan berjalan kaki atau bersiap diam sejenak dalam mobil karena lalu lintas keluar dari gerbang mamala sangat padat dan kemacetan terjadi di jalur satu-satunya yang tersedia. Antrean panjang kendaraan roda empat dan dua beriringan keluar dari Negeri Mamala menuju Negeri Hitu hingga akhirnya turun ke jalur utama menuju kota Ambon.

Terima kasih Tuhan saya boleh menyaksikan acara tahunan ini setelah sebelumnya hanya menyaksikan melalui siaran televisi. Capek, tapi tidak masalah karena bisa jadi saksi pertunjukkan Baku Pukul Manyapu. Apalagi melalui kesempatan ini kartu perdana IM3 Ooredoo dapat terjual cukup banyak dilokasi sepanjang acara berlangsung. Sinyal Indosat Ooredoo di Mamala ternyata masih lebih baik dibandingkan sinyal tetangga. Mantap ! 

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 14/07/2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: