Ular Tidak Takut Garam

image

Learning is Living, we can not not learn, satu lagi pengalaman saya peroleh melalui sebuah pelatihan. Kali ini ilmu atau pengetahuan yang diperoleh adalah terkait ular. Persis di hari Kartini Kamis, 21 April 2016 saya berkesempatan untuk mengikuti pelatihan dengan topik Pertolongan Pertama Pada Gigitan Ular atau P3GU. Melalui pelatihan ini saya jadi mengetahui Organ tubuh ular, Jenis-jenis ular, Cara Memangsa, Habitat Ular, Bisa Ular, Bahaya Ular, Perbedaan Ular Berbisa dan Tidak Berbisa. Fasilitator yang memberikan pelatihan ini adalah team dari Yayasan Sioux yang memang menghabiskan waktu mereka berkutat dalam hal perularan. Informasi penting yang didapat adalah ; rupanya selama ini saya keliru jika menganggap bahwa garam bisa digunakan untuk mengusir ular. Anggapan ini benar-benar salah apalagi saat pelatihan sekaligus dipraktekkan sehingga semakin paham. Ular yang dilepas di lapangan tetap menerobos meski rumput sudah ditaburi garam. Rupanya garam TIDAK membuat ular takut. Dalam pelatihan ini diungkapkan bahwa Ular akan menghindar jika disekeliling terdapat hewan berkuku panjang seperti Kucing atau Anjing. Binatang Melata ini akan menepi jika ada bau bauan menyengat seperti Minyak Tanah atau Bensin. Selain itu Ular juga akan menghindar bila suhu panas atau menyengat disekelilingnya.

image

Sore itu kepada peserta juga diajarkan bagaimana menghandle atau menangkap ular besar dan panjang serta ular kecil. Cara menangkap bisa menggunakan Alat atau Tanpa Alat. Hook dan Grab merupakan alat yang diperkenalkan kepada peserta. Untuk ular besar digunakan penangkapan dengan menggunakan media sarung. Sedangkan guna penanganan atas gigitan ular kepada peserta juga diberikan contoh alat-alat yang dibutuhkan.

image

Masih banyak lagi informasi lain yang bermanfaat diperoleh selama setengah hari pelatihan yang diadakan di Daan Mogot. Saya akan menuliskannya disini di kesempatan lain.

Sumber :
Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Gigitan Ular oleh
Yayasan Sioux Indonesia
Kamis 21 April 2016

Kalwedo ! Salam Berdaya

Iklan

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok, Ambon

Posted on 22/04/2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: