Pelatihan Potensi SAR Dasar Indosat dengan BASARNAS Lahirkan 21 Rescuer

IMG_20150522_145657

Jpeg

Jpeg

IMG_20150522_145917(1)

Pelatihan Dasar SAR bagi anggota Team SAR Indosat yang berlangsung sejak 18 Mei ditutup pada Jumat 22 Mei 2015 lalu. Pelatihan yang dilaksanakan atas kerja sama antara Indosat dengan BASARNAS Kantor SAR Jakarta ini diikuti oleh 21 orang peserta yang terdiri dari 17 orang anggota Sekuriti dan 4 orang karyawan Indosat dimana di dalamnya ada peserta wanita. Pendidikan Dasar yang diadakan di Pusat Kegiatan Olah Raga Air DKI Jakarta ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar yang dibutuhkan bagi seorang anggota Team SAR. Materi yang diberikan diantaranya ; Substansi Basarnas, Medical First Responder/MFR, Penilaian Dini, Pemindahan Korban, Bantuan Hidup Dasar (BHD), Pengenalan Perahu dan Mesin Tempel, Pengenalan Sarana Komunikasi, Manajemen Posko, Pertolongan di Air termasuk dilatih juga tingkat kepekaan berupa Group Allert yang sempat dipraktekkan dua kali selama pelatihan. Para peserta dalam pelatihan ini sesuai standard BASARNAS harus memperoleh nilai kelulusan minimal 70 dimana penilaian meliputi nilai ujian tertulis dan ujian praktek dengan bobot masing-masing 40% ditambah Nilai Attitude 20%. Berkat semangat kemanusiaan yang tinggi ke-21 orang peserta tersebut dinyatakan Lulus meskipun dua orang sempat mengulang ujian prakteknya.

Masing-masing peserta memperoleh Surat Keterangan dan hal tersebut membuat ke-21 orang peserta secara resmi telah terdaftar di Kantor SAR Jakarta sebagai Potensi SAR dengan Kualifikasi Water Rescue yang ditandai dengan pemberian Kartu Tanda Anggota. Kartu Anggota ini berlaku secara nasional selama dua tahun, kemanapun anggota SAR Indosat nantinya bergabung dengan Posko Bencana, mereka sudah diakui kemampuannya.

Dua orang peserta tampil sebagai peserta terbaik dan secara simbolis menerima Kartu Anggota dari Chief Human Resources Officer. Ketika ditanya bagaimana kesan pesan selama mengikuti pelatihan yang cukup berat ini salah seorang peserta mengungkapkan : “Materinya lengkap dan detil banget, kami jadi paham sekali dan juga merasa ada peningkatan kepercayaan diri. Jika Indosat menugaskan, sekarangpun saya siap melaksanakan tugas kemanusiaan ini.” ujar Hermawan, salah seorang anggota SAR yang baru dilantik. Pada kesempatan ini para pimpinan Indosat juga menerima kartu Anggota Kehormatan sebagai Potensi SAR Kantor Jakarta.

Dalam amanat penutup dihadapan para Search Rescue Unit atau SRU yang baru terbentuk ini, Chief CHRO mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh peserta yang berbaris didalam air laut setinggi lutut mengikuti tradisi pelantikan Prajurit Komando di Pantai Permisan Cilacap. Panasnya matahari sore tak membuat beliau terhalang untuk memberikan suntikan semangat kepada para relawan yang dengan kerelaan telah bergabung menjadi First Responder di Indosat atas bencana yang mungkin terjadi. Dia mengutarakan bahwa Indosat akan selalu meremajakan dan memperbesar Team SAR yang selama ini telah terbentuk untuk tugas kemanusiaan dimana saja Indosat beroperasi dari Sabang sampai Merauke

Selamat Kepada Seluruh Peserta dan Avignam Jagat Samagram, Semoga Selamatlah Alam Semesta !

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 25/05/2015, in Office. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: