Expected The Unexpected – Lembang Heritage Discovery

Gambar

Setelah sempat tertunda beberapa waktu, akhirnya mulai 8-10 Mei tahun 2014 ini Group HR dikantor kami mengadakan kegiatan outdoor. Aktifitas outdoor yang dilakukan berdasarkan konsep Amazing Race ini diikuti oleh seluruh karyawan yang bertugas di Jakarta, Surabaya, Medan dan Makasar.Kejutan demi kejutan datang silih berganti mulai saat keberangkatan melalui Stasiun Gambir hingga selesainya acara.

Gambar

Rangkaian kegiatan Amazing HR 2014 yang diawali sehari sebelumnya dengan pemberian materi Sharing Seesion kepada seluruh peserta terkait Territory Management yang disampaikan oleh rekan kerja dari Region Jakarta. Selain bekerja sama dengan Team Jakarta, Panitia Internal menggandeng Team Sales Area Bandung juga untuk berkolaborasi mensukseskan acara ini. Rekan Sales Area Bandunglah yang menunjukkan Outlet mana saja yang dapat dikunjungi. Expect the unexpected mulai terasa gemanya diantara peserta apalagi pada siang hari itu. Betapa tidak meski peserta sudah terbagi dalam 10 (sepuluh) kelompok namun sama sekali belum tahu menggunakan moda transportasi apa menuju ke Bandung. Hari Selasa 7 Mei 2014 itu, peserta hanya mendapatkan instruksi dari rekan-rekan maengems untuk membuat dan mengaktifkan WhatsApp dan Follow Akun Twitter admin yang sudah ditunjuk.

Sekitar sore harinya, peserta memperoleh informasi dimana titik kumpul keberangkatan melalui akun Twitter. Meski sebagian peserta tahu akan kumpul di Stasiun Kereta, namun sebagian peserta lain juga masih belum menduga kalau akan menggunakan kereta. Mereka masih sangat berharap untuk menumpang bus menuju perjalanan.

Tidak seperti biasanya, kegiatan kali ini menggunakan alat transportasi Kereta Api untuk menuju ke lokasi. Peserta sempat terkecoh karena dalam pikiran mereka mungkin perjalanan Jakarta-Gambir sekiranya dapat dipakai untuk istirahat, mengingat ada peserta yang harus berangkat sekitar pukul 04.00 WIB.

Gambar

Saat menginjakkan kaki di Stasiun Hall Bandung pada hari Kamis 8 Mei 2014, peserta langsung berlomba menuju sejumlah Outlet yang ditentukan. Tak tanggung-tanggung data-data dari outletpun harus diperoleh oleh setiap team meskipun menggunakan kendaraan umum dan berjalan kaki untuk mencapai lokasi-lokasi outlet tersebut. Udara terik dihadapi dengan semangat 45 oleh para peserta. Amazing HR 2014 ini sungguh menuntut setiap peserta untuk memiliki jiwa adaptasi yang tinggi. Fokus kegiatan Amazing HR 2014 diadakan tak hanya di Bandung namun juga di Kota Lembang dan sekitarnya dengan tajuk “Expect The Unexpected – Lembang Heritage Discovery”. Berbeda dengan kegiatan Outbound atau Team Building yang selama ini saya ikuti, seluruh informasi selama kegiatan diperoleh peserta melalui social media seperti ; Twitter, WhatsApp dan Facebook. Setidaknya beberapa lokasi yang mesti di sambangi oleh peserta dalam kelompoknya menggunakan clue-clue yang dimunculkan melalui akun social media tersebut. Lokasi-lokasi tersebut adalah ; Taman Makam Junghun, Makam Pahlawan Nasional Otto Iskandardinata, Rumah Deetje, Sesko AU, Floating Market. Etape pertama berakhir di sebuah rumah makan di daerah Maribaya Lembang.

Kejutan lain yang dirasakan setiap peserta selama kegiatan, peserta tidak menginap di Hotel namun justru menghabiskan malamnya dengan tidur berselimutkan Sleeping Bag dalam tenda-tenda yang telah di siapkan di Cikole Jayagiri Resort Lembang. Hujan deras pada hari pertama menambah denyut kejutan bagi seluruh peserta saat menikmati acara malam di aula yang disiapkan.

Gambar

Kunjungan ke outlet-outlet seputar Sukajadi-Setia Budhi yang dilakukan oleh karyawan yang belum paham benar tentang bagaimana positioning produk perusahaan, apa saja tugas Canvaser dan Cluster Offier terlebih lagi terkait jaringan perusahaan di lokasi yang dikunjungi sepertinya memberikan sebuah point of view tersendiri sehingga seiring dengan kebijakan yang berlaku di internal bahwa sebagai karyawan Human Resources harus sudah memulai positioning yang baru bukan sebagai administrator di lini bisnis namun harus menjadi Business Partner bagi rekan sejawat di lingkungan perusahaan.

Insight lain yang dapat dipetik, aktifitas yang dilakukan pada Amazing HR 2014 benar-benar membuat seluruh peserta senantiasa selalu siap dalam menghadapi perubahan-perubahan yang mungkin terjadi dalam setiap perjalanan. Hal ini sangat dibutuhkan oleh seluruh karyawan baik dilingkungan Indosat maupun karyawan HR khususnya menghadapi setiap perubahan bisnis yang terjadi di perusahaan.

Terima kasih buat Team Maengems/Pendulum yang menjadi Event Organizer dalam pelaksanaan Team Building tahun 2014 di perusahaan kami.

Salam Berdaya !

 

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 13/05/2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: