Fun Games PO STIAMI : NLP Lagi Heran Lagi !

Usai beberapa waktu lamanya tidak menghandle kegiatan Fun Games, Sabtu 27 Juli 2013 tepat di hari peringatan penyerbuan kantor PDI di Jalan Diponegoro saya kembali membawakan satu hal yang menjadi kesukaan dalam hidup yakni berbagi apa yang diketahui. Kali ini saya melayani sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa dari sebuah Sekolah Tinggi, namanya Persekutuan Oikoumene Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia. Tadinya memang saya berpikir akan fully equipped untuk membawakannya namun kekuatan pikiran mengatakan lain sehingga saya memutuskan untuk membawa 1 buah ransel berisi tali temali, blind fold, balon, 1 gulung besar tali rapia, 2 Hula Hup, 4 Ember kecil, 1 paket Kalimat Berpasangan, 1 dooz Pensil saja. Sebagai langkah antisipatif kalau hari hujan saya juga telah menyiapkan beberapa games tanpa alat yang nantinya dapat dimainkan dalam ruangan. Keikutsertaan saya dalam kegiatan ini adalah atas inisiatif dari Bang David Siregar yang meminta saya membantu dirinya yang juga tampil sebagai pemateri dalam kegiatan PO STIAMI yang bertajuk Dipanggil Menjadi Anak Terang.

Untuk mengenal area kegiatan, saya pergunakan pengetahuan yang didapat dari pelatihan outbound trainer yakni saya melaksanakan Site Management di lokasi, saya hadir di Wisma Pelatih Taman Wiladatika CIbubur beberapa jam sebelum session saya dilaksanakan. Bisa jadi panitia atau ada peserta mungkin bertanya, mengapa acara sore kok jam sebelas sudah standby dilokasi. He he he, maaf ya panitia, jadinya keluar nasi box satu lagi buat saya ya. Sebenarnya ini sih merupakan kebiasaan saja, alih-alih untuk mendapatkan keberdayaan dari alam sekitar lokasi perhelatan Retreat dan Sidang Pleno dari PO STIAMI. Saya memang mesti hadir, melihat, doa kepada Tuhan, berbicara sedikit dengan alam semesta agar mendukung apa yang akan saya lakukan.

Satu hal yang saya ingin share disini, apa yang saya pikirkan dengan membayangkan apa yang yang lakukan dalam kegiatan ini, semuanya terjadi persis seperti yang ada dalam pikiran. Sebelum acara dimulai saat sedang menyusun Session Planning Sheet,  alam pikiran membayangkan bahwa sepertinya peserta yang hadir tidak sampai 30 orang seperti salah seorang panitia sungguh berharap dalam surat elektroniknya. Meski saya persiapkan juga semua permainan dengan peserta 30, yang saya lihat ketika tiba di tempat kegiatan, persis seperti pikiran yang menggelayut dalam bayangan, rupanya hanya 13 orang saja. Hal kedua yang terjadi, alam pikiran saya sudah membawa keadaan di lokasi acara strongly rain will drop on that day, in fact, it was raining.Wow ! nyata banget ya, kalau kita mulai memikirkan, membuat sebuah gambar dalam alam pikiran kita, itu sungguh terjadi lho !. Persis seperti kata Coach Erni Julia Kok, Certified Master Trainer Internasional NLP, dalam sebuah status yang beliau tulis di face book. Ia menulis bahwa  “Alam pikiran kita adalah kreativitas tak terbatas. Apa yang dapat diciptakan dalam Alam Pikiran dapat diciptakan oleh Alam Nyata/Material. Dengan kata lain, apa yang dapat dilihat, didengar dan dirasakan oleh pikiran kita dapat dipegang oleh tangan kita”. Dengan 2 kejadian yang saya alami, menurut diri ini, saya benar dapat memegangnya. Meski kadang saya masih agak “heran” kok bisa ya, tapi itulah yang terjadi. Peristiwa Sabtu lalu adalah yang kesekian kalinya terjadi dan dapat saya pegang. Meski sudah menjadi Certified NLP Practitioner rupanya saya masih beberapa saat akan mengalami rasa heran. Aaah, harusnya tidak boleh seperti itu. Jadi mesti banyak belajar lagi dan lagi agar siap menghadapi betapa dahsyatnya kekuatan pikiran itu bila kita dapat memanfaatkan, tentunya hanya untuk hal yang berbau positif saja.

Ooh ya, gimana dengan kegiatan Fun Games PO STIAMI sendiri ? Dengan pertolongan Tuhan dan kekuatan pikiran yang dimiliki, acara berlangsung baik dan kiranya dapat diterima dan dimanfaatkan oleh setiap peserta agar mereka dapat memanfaatkan keberdayaan yang dimiliki untuk dipakai dalam ladang pelayanan di lingkungan STIAMI. Semangat yang dimiliki patut diacungi jempol, meski sedikit yang hadir tapi tak sedikitpun terlihat goyah hanya masalah ketepatan waktu saja yang kemarin terlihat sedikit dikesampingkan.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 2 jam itu, diakhiri ketika kumandang adzan magrib terdengar di seantero Taman Wiladatika. Saya pun mengakhirinya dengan memberikan games pamungkas kepada 13 orang peserta yakni ” The Power of Action”. Meski hari sudah agak gelap, saya katakan kepada mereka, percuma bila kakak dan abang semua yang menjadi pelayan hanya bisa berkata-kata saja tanpa langsung memulai sebuah aksi nyata. Meminjam istilah pemazmur, “sia-sialah” para pelayan memiliki program yang bagus, kemampuan dana, dan sources lainnya bila sama sekali tidak melakukan satu aksi  yang benar-benar dapat dirasakan oleh lingkungan dimana kita ditempatkan. Pakailah kekuatan dari aksi untuk melayani di ladangNya.

Terima kasih TUHAN atas waktu yang Engkau sudah berikan, atas apa yang saya sudah boleh bagi dan alami bersama para mahasiswa dan para pekerja yang telah komit dalam ladang Tuhan di PO STIAMI. Kiranya dengan terpilihnya kepengurusan yang baru, semangat untuk tetap setia, jujur, rendah hati dalam melayani akan tertanam dalam jiwa para pengurus dibawah kepemimpinan Abang Roland Siahaan yang kabarnya telah ditahbiskan pada hari Minggu 28 Juli 2013 ini.

 

 

 
About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok, Ambon

Posted on 28/07/2013, in Pelayanan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

