Minggu Epifani

Epifania

Epifani (Yunani Epifaneia = Penampakan)

Istilah ini awalnya dipakai untuk penampakan kaisar atau patungnya sebagai dewa pada puncak manifestasi di stadion atau emfiteater (tempat tontonan besar untuk rakyat). Uman Kristen pertama tidak mengakui kaisar, melainkan Yang Tersalib sebagai Tuhan.

Istilah “Epifania” tetap mereka pakai untuk peringatan penampakan (Pernyataan atau tampil dimuka umum) Sang Juruslamat yang bernama Yesus. Makanya, Epifania lebih terkait dengan peristiwa-peristiwa sebagai berikut :

Penampakan Bintang di Timur, penyembahan orang Majus, Bayi Yesus yang dibawa oleh orang tuanya ke Bait Allah untuk diserahkan kepada Allah, tampilnya Yesus di sungai Yordan untuk dibaptis Yohanes dan penetapanNya (dengan suara dari atas :”Inilah Anak-Ku”.

Hari Epifania dirayakan pada 6 Januari; sedangkan Minggu Epifania dimulai dengan Hari Minggu terdekat dengan tanggal 6 Januari dan dirayakan selama 7 minggu, dimana Minggu VII adalah merupakan minggu transfigurasi (Yesus berubah wujud = Pemuliaan Yesus di atas gunung) dan penetapan kembali sebagai Anak yang dikasihi dan dikenan oleh Allah. Dalam Lukas 9:31 dikatakan bahwa Musa dan Elia berbicara dengan Yesus tentang “tujuan kepergianNya (Yun, ekshodos atau exodus-Nya) ke Yerusalem, yakni agar paska digenapi olehNya. Minggu VII disebut Esto Mihi = “Jadilah Bagiku” (Mzm 31:3b); yakni sebagai titik peralihan, menurut cerita injil, dari perjalanan Yesus di Galilea kepada perjalananNya ke Yerusalem.

Simbol Hari dan Minggu Epifani adalah Bintang bersegi lima (warna putih) di dalam lingkaran (warna kuning) dengan warna dasar hijau.

Arti :

Bintang bersegi lima ini lebih dikenal sebagai bintang Yakub, atau menunjuk pada terbitnya bintang dari keturunan Yakub (Bilangan 24:17). Di kemudian hari, dimanifestasikan melalui kelahiran Yesus Kristus, yang juga ditandai dengan munculnya/terbitnya bintang di Timur (Matius 2:1-2).

Bintang ini pula yang menunjuk pada penampakan kemuliaan Yesus Kristus bagi umat manusia. Simbol ini berganti pada malam Hari Minggu Prapaska VI

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 06/01/2013, in Pelayanan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: