Ini Dia Cara Mengurus ROYA

Selepas menyelesaikan urusan dengan sebuah Bank Swasta di daerah Bintaro pada bulan Oktober 2012 lalu, saya diberitahukan oleh petugas Bank tersebut untuk mengurus Roya di kantor Pertanahan terdekat. Roya ? Apa lagi nih dalam hati ketika disebutkan kata itu. Jujur, itu adalah satu istilah yang sama sekali baru saya ketahui selama hidup 40 tahun lebih didunia ini. Seingat saya dulu pada waktu mengambil rumah dengan kreditur sebuah Bank Swasta tidak ada disinggung-singgung terkait Roya kok sekarang saat Sertifikat sudah ditangan malah ada Roya-Royaan segala. Untung saja ada mesin pencari yang tersedia saat ini sehingga memudahkan perolehan informasi yang di butuhkan. Melalui blog seseorang saya setidaknya memperoleh sedikit gambaran apa dan bagaimana mengurus Roya. Satu hal yang menimbulkan perbedaan terkait biaya yang dibutuhkan guna pengurusannya. Ada yang mengatakan biayanya diatas 500 ribu hingga 1,2 juta rupiah, ada juga yang menulis pengalamannya mengeluarkan biaya dibawah 150 ribu. Rupanya perihal biaya ini sangat bergantung kepada siapa yang mengurus. Biaya akan sangat lebih besar bila pengurusan Roya diserahkan kepada pihak lain/dikuasakan. Akan tetapi biaya akan sangat lebih kecil/sesuai ketentuan peraturan yang berlaku apabila pengurusan Roya dilakukan sendiri.

Mengacu kepada informasi tersebut saya pun berinisiatif untuk mencoba mengurus sendiri saja. Yah hitung-hitung cari pengalaman berurusan dengan aparat pemerintahan. Mudah-mudahan tidak mengecewakan lagi seperti waktu mengurus Akta Kelahiran anak beberapa bulan lalu.

Berikut langkah-langkah pengurusan Roya berdasarkan pengalaman mengurus sendiri pada hari Rabu 2 Januari 2013 :

1. Sebelum mengurus terkait pertanahan, pastikan setidaknya kita sudah mengetahui apa yang hendak kita urus melalui pelbagai sumber informasi yang tersedia di alam semesta.
2. Datang ke kantor Pertanahan setempat sesuai dengan alamat sertifikat.
3. Di kantor Pertanahan kita cari Koperasi Pegawai untuk membeli Map Pengurusan Roya (di Koperasi tersedia juga Map untuk urusan pertanahan lainnya)
4. Di dalam Map Permohonan Roya warna Orange tersedia ;
– 1 lembar Sampul Warkah/Roya warna kuning
– 1 lembar Surat Permohonan yang biasa disebut Lampiran 13.
5. Kemudian Sampul Warkah diisi oleh kita sesuai dengan KTP dan data yang tersedia di sertifikat, sekaligus juga Surat Permohonan atau Lampiran 13 diisi sesuai KTP dan lingkarilah No. 10 sebagai pilihan yang isinya Roya atas Hak Tanggungan.
6.Masukkanlah Dokumen yang dibutuhkan sesuai persyaratan yang tercetak di Map Permohonan Roya (Kota Depok warna Orange) yaitu ;
– Surat Permohonan (petugas Koperasi menyebutkan Lampiran 13)
– Asli Sertifikat Tanah
– Asli Sertifikat Hak Tanggungan
– 1 Lembar Foto Kopi KTP
– Surat Permohonan Roya dari Bank/Kreditur (diberikan oleh Bank saat pelunasan)
– Surat perubahan nama bila ada pergantian nama institusi kreditur (bila ada akan diberikan oleh Bank saat pelunasan)
7. Bawalah semua dokumen seperti tertulis di nomor 6 diatas ke Kantor Pertanahan setempat.
8. Serahkan dokumen Roya yang sudah kita siapkan ke Loket Pelayanan Pendaftaran Roya setelah sebelumnya mengambil Tiket Antrean Pengurusan di depan Pintu Masuk (kita menekan/pilih tombol sesuai urusan yang akan dilakukan).
9. Setelah menunggu beberapa waktu, petugas akan memanggil dan meminta kita untuk ;
– Mengisi Formulir Sampul Warkah/Balik Nama (Warna Hijau) untuk diisi (cara pengisian sama seperti pengisian Sampul Warkah/Roya).
– Petugas memberikan 1 dokumen perubahan nama Institusi Kreditur (bila ada) untuk difoto kopi oleh pemohon dan selanjutnya akan dimasukkan dalam Map Permohonan Roya pemohon.
10. Formulir Sampul Warkah/Balik Nama (warna hijau) yang telah diisi dan dokumen perubahan nama kreditur (bila ada) yang sudah difoto kopi diserahkan kembali ke Loket Pengurusan Roya.
11. Setelah menunggu beberapa saat petugas akan memanggil lagi untuk menerima Surat Perintah Setor dan meminta kita menyelesaikan pembayarannya di kasir (di Depok berada dalam satu ruangan).
12. Bila sudah lunas, Kasir akan memberikan Bukti Setor atau Kwitansi 2 lembar (bentuknya seperti Purchase Order). 1 Lembar Warna Merah dan 1 Lembar Warna Putih.
13. Selanjutnya Pemohon menyerahkan Surat Perintah Setor dan Bukti Setor/Kwitansi warna Putih dan Merah kepada petugas di loket Roya.
14. Petugas Loket Roya akan memanggil lagi dan memberikan ;
– Surat Perintah Setor warna putih
– Bukti Setor/Kwitansi warna putih
– Tanda Terima Penyerahan Dokumen warna putih
15. Petugas Loket Roya memberikan informasi bahwa dalam waktu 1 minggu sertifikat dapat diambil di Loket Pengambilan dengan membawa Tanda Terima Dokumen yang Asli.

Itulah tata urut pengurusan Roya atas Hak Tanggungan, saya jadi lebih paham bagaimana mengurus Roya yang sesungguhnya termasuk Biaya yang dibutuhkan untuk pengurusannya. Tadinya saya pikir akan memakan biaya lebih dari 500 ribu ternyata cukup dengan biaya Rp. 118.000 (seratus delapan belas ribu) saja. Itupun sudah termasuk biaya parkir.

Adapun rincian biaya yang saya keluarkan adalah sebagai berikut :

– Membeli Map Permohonan Roya di Koperasi Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah)
– Membayar Kegiatan Pelayanan Pemeliharaan Data Pendaftaran Tanah 2 unit @ Rp. 50.000,- = Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah)
– Biaya Foto Kopi Dokumen Perubahan Nama Kreditur (bila memang ada) Rp. 6000 (enam ribu rupiah)
– Biaya Parkir Rp. 2000 (dua ribu rupiah)

So, tidak perlu ragu lagi siapa saja yang akan mengurus Roya. Lebih baik mengurus sendiri dari pada diurus pihak lain. Biayanya lebih murah, mudah dan dengan waktu pengurusan tidak lebih dari 1 jam sudah termasuk menunggu antrian foto kopi. Paling tidak itu yang saya alami ketika mengurus Roya tersebut. Apakah libur tahun baru juga mempengaruhi antrean menunggu, saya tidak tahu persis. Akan tetapi begitulah syarat dan waktu yang dibutuhkan untuk mengurus Roya atas Hak Tanggungan.

Semoga ketikan ini bermanfaat bagi orang lain yang ingin mengurus Roya paling tidak dapat mempertimbangkan untung ruginya bila ingin memberikan pengurusan ini kepada pihak lain yang tentunya akan memakan biaya yang lebih besar.

Selamat Tahun Baru 2013, Kesehatan dan Kesuksesan kiranya diberikan oleh Allah Yang Maha Kasih !

Iklan

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok, Ambon

Posted on 02/01/2013, in Umum. Bookmark the permalink. 76 Komentar.

  1. Saya baru aja melunaskan KPR di CIMB Niaga
    Apakah setiap pelunasan pasti harus mengurus roya juga…om?

  2. Sore mas Bramantya, setahu saya kalau pembelian rumah secara Kredit maka pihak Bank akan me-ROYA-kan sertifikat rumah tanah dan bangunan kita. Saya juga di CIMB Niaga trims

  3. Herry Tjhung

    Informasi yg sangat berharga. Terima kasih Omwil!

    • Terima kasih pak Herry, senang bila memang dirasakan membantu
      Salam Berdaya !

      • saya mau beli rumah 2nd lewat bank niaga, akan tetapi di sertifikat ada kesalahan beda bulan di pemiliknya…krn wktu pengajuan dulu ktp nya salah bulan di KTPnya…padahal di ktp, ijasah, surat nikah,surat lahir penjual bulan nya sama sprti di KTP, yg skrg.cuman gara2 wktu pengajuan dulu.apa ada solusi untuk mendaftarkan warkahnya?soalnya klau hrs ngrubah smua, harus ngurusnya lama dari ktp, kk, surat nikah, ijazah.
        terima kasih

      • Om Agoes thanks sdh mampir, sy kurang paham mslh tanah hanya menuliskan pengalaman sy.

  4. trima kasih infonya, sangat bermanfaat pas banget sy juga mau urus Roya dan SHM, ke notaris tanya2 biaya mahaal banget.

  5. bagaimana kalo surat roya dr bank nya hilang ya apakah bisa di buat perubahan nama di akta jual beli nya?
    bantu ya pak infonya

    • Mlm but Lucy kalo sy ngurus aja lg ke Bank bu mereka ada pertinggal trims

      • oomwil untuk proses pengurusan roya dr bank yang hilang boleh di share pengalamanya beserta berkas apa saja yg perlu dilengkapi..

        terima kasih oomwil sangat membantu informasi nya

  6. om wil, mau tanya saya sbg pihak kedua ingin membeli rumah pihak pertama yang baru lunas kpr. nah si pihak pertama belum mengurus roya nya.. yang mau saya tanyakan, apakah saya bisa mengurus nya krn saya yang membeli rumah tersebut? dokumen apa saja yang dibutuhkan?

  7. omwil & om bramantya, saya juga pake CIMB nih. Kayaknya ambil sertifikatnya nanti juga di CIMB Bintaro. Kantor BPN-nya yang dimana ya? Pengin urus sendiri karena notaris pernah kasih info biayanya via dia 750 – 1 jt. Oya, pas ambil sertifikat ke CIMB kena biaya nggak om?
    Terima kasih infonya yaa.

    • Hai Mas Heri, Seingat saya waktu pengambilan di Bintaro, sebelumnya saya ke CIMB yang di Gajah Mada untuk mengurusi pelunasannya, dari sana kemudian baru saya ke Bintaro. Disana hanya menunggu antrian saja, tidak ada biaya lagi akan memperoleh sertifikat dll termasuk pencabutan royanya.
      Salam Berdaya !

    • Oh ya BPN nya di Kota Kembang Depok.

  8. Terimakasih atas info berharga ini. God bless.

  9. Oom Wil, Terimakasih sekali lagi. Tadi pagi saya ke BPN Jakbar dan mempraktikkan petunjuk dari Oom Wil ttg roya ini. Cuma, saya dikasi map warna putih (bukan kuning). Terus terang ini pertama buat saya, namun clue dr Oom Wil, langkah pertama: “Cari koperasi pegawai kantor BPN”, sangat efektiv. Terimakasih dan sukses selalu. God bless.

    -Gabe-

    • Sama2 Pak Gabe, saya senang bisa share something yg membantu org lain paling tidak kita tdk dipermainkan oleh oknum. Btw biaya yg dibutuhkan brapa pak jika boleh tahu

    • Maulida Rahmayanti

      Oomwil….terima kasih infonya, sya udh coba ngurus permohonan sendiri di BPN Depok, tapi saya diminta juga urus Plotting/permohonan pengukuran tanah krna di sertifikat saya tertulis Gambar Situasi.sedang tulisan SURAT UKUR nya dicoret, apa benar seperti itu? Makasih sbelumnya Oomwil

  10. Mantap Om Wil… Saya bayar sps cuma Rp.50rb, beli map Rp.10rb, that’s all. Mudah2an minggu depan sdh selesai sesuai perkiraan pegawai loket BPN.

    -Gabe-

  11. Salam kenal, saya diminta bos saya untuk meroya serifikat atas nama beliau, apakah untuk meroya jika kita yang mengurus dibutuhkan juga surat kuasa dari beliau dan melampirkan fotocopi ktp beliau dan apakah diperlukan juga membawa ktp aslinya untuk ditunjukan, terima kasih

    • Salam Kenal juga pak Priyo, setahu saya pakai surat kuasa pak namun kalau KTP aslinya saya kurang paham begitu pak informasi yg saya ketahui semoga membantu terima kasih

  12. saya sudah melunasi hutang dari bulan sept 2013 tapi sampai saat ini belum sempat mengurus penghapusan hak roya. keterlambatan ini ada denda atau sanksi nya ga ya? terima kasih

    • Dear Jasmine sebaiknya segera diurus soal denda sy kurang paham. Khawatir ada aturan baru era pemerintahan baru

      • mau update oomwil, td pagi ke BPN Jakarta Timur, map gratis ambil dibagian informasi & syaratnya:
        1. 1 lembar copy KTP yg sudah dilegalisir kelurahan
        2. Asli Sertifikat Tanah
        3. Asli Sertifikat Hak Tanggungan
        4. Surat Permohonan Roya dari Bank
        5. Copy KK yg sudah dilegalisir kelurahan (belum)
        6. Copy PBB tahun berjalan (belum)
        7. Surat keterangan lunas dari bank (tidak ada, SHM udah ditangan masih ditanyain ini lagi, duh..)

        Karena ga tau copy ktp hrs dilegalisir jdnya ke kelurahan dulu trs balik lg. Sampe lsg ke loket pemilik langsung/tanpa perwakilan. Disitu baru deh ditanyain syarat nomer 5-7, saya blg kl sampe musti balik lagi ke 3 kali ksitu musti dapet mangkok cantik nih. Tapi akhirnya dokumen diterima, disuru tunggu printout biaya. Ga lama dipanggil, bayar diloket 2.5 sejumlah Rp 50.000 terus balik ke loket pertama serahin bukti bayar dan dikasi copy tanda terima dokumen & copy tanda terima pembayaran. Proses 7 hari kerja jadi nanti saya update lagi kl berkenan. Sekian.

        *legalisir KTP gratis loh, ditanya kena biaya jasa berapa & dijawab bawa aja*

      • Thanks Jasmine updatenya, berarti ada kebijakan sendiri juga dimasing2 BPN sesuai daerahnya. Terima kasih atas pengkayaan informasi yg disampaikan saya yakin sangat dibutuhkan bnyk orang seperti awal saya mencari info sebelumnya. Be our guest and let the people happy to read your information spy kita semua lebih berdaya, Salam berdaya # sorry for late reply

  13. Terimakasih untuk info nya om wil, sangat berguna sekali, saya mau tanya, apakah saat pengurusan roya ini harus oleh orang yg namanya di sertifikat? Apakah ada yg di tanda tangani? Atau bisa oleh orang lain?
    Trims

  14. Thanks Om Wil,
    mau tanya jika, sertifikat atas nama istri dan yg mengurus adalah suami (Satu KK) apakah harus menggunakan surat kuasa juga ?

    thanks
    informasinya
    salam Gierin

    • Dear Gierin
      Sepemahaman saya ya, namun tentunya lansung ke TKP saja dg berbekal informasi yg sdh bnyk dishare disini.Masing-masing BPN sepertinya memiliki kebijakan tersendiri, usul saya segera diurus krn pemerintahan akan berganti dan perubahan mestinya juga pasti terjadi, Expect the unexpected thanks for stopping by to my blog.

  15. Dear OomWil dan Mbak Jasmine,

    Banyak terima kasih untuk informasinya. Sangat berguna dan membantu.
    GBU all..

    Regards,
    Ryan

  16. Eko Sulistiyo

    mau nangiss deh rasanya atas info ini..thankkss alot gann

  17. Edy Siswandi

    Makasih ya oomwil.. infonya sangat bermanfaat..

    Sukses dan Sehat Selalu..

    edy s.

  18. Terima kasiiihhhh… Akhirnya saya urus Roya sendiri karena membaca artikel ini, ke BPN Depok. Dan benar, biayanya jauuhh lebih murah dari pada urus ke notaris, biaya Roya hanya 50 RIBU. Saya ke 2 notaris, semuanya minta min. 2.5 juta dan dokumen selesai 1 bulanan. Kalau urus sendiri cuma 8 hari kerja. Urusnya juga mudah, cepat (yang penting datang jam 8 ya, kalau datang jam 10 spt saya, baru selesai jam 13 terpotong 1 jam makan siang).

  19. om , tanya dong , kalo sdh selesai semua, kan tinggal ambil tuh . yg diambil sertifikat asli doang kan? atau ada surat lain2 lg yg diambil? thanks

  20. wah ribet juga ya, itung2 untuk nambah pengalaman perlu dilakoni sendiri. thanks atas informasinya

  21. ahh saya mau urus sendiri juga. Terima kasih info nya….

  22. Maaf sy jg ada masalah seperti Anda,,tdny qw agak bingung,,tanya sana-sini hslnya ada yang bilang 5% dari NJOP ada yang ini ada jg yang begitu,,tp sy sedikit lega setelah tau dari informasi Anda,,tksh semuanya.

  23. beta ratuladi

    SAYA JUGA MAU URUS ROYA apa ada limitnya ya saya melunasi bank 4 bulan lalu

  24. Novi Arshinta Dewi

    halo pak…, boleh tanya, kebetulan saya baru mau mengurus roya sertifikat kepunyaan bos saya, form lamp 13 itu pake materai engga ya pak? gak ada tulisan materai nya sih, tapi saya agak ragu-2 nih. terima kasih sebelumnya

    • Halo bu Novi, Gak pake meterai tp karena ini mengurus punya Bos harus ada Surat kuasa deh. Gak usah ragu2 ngurus sendiri enak lancar gak lama sambil main gadget selesai tunggu seminggu jd

  25. Mas saya may tanya, klo dikuasakan oleh anak ny untuk mengurus royaa,.apa biaya ny samaaa mass,,,?
    Trimakasih

  26. mau nanya om will,apakah surat kuasa bisa di beli di koperasinya,oy saya kan ambil rumah dan sdh lunas tp atas nama kakak saya apakah bisa langsung di balik nama di BPN

    • Pak Zul, setahu saya Surat kuasa diketik Biasa aja pak bermeterai cukup. Proses balik nama bisa langsung ditanyakan pak. Terima kasih

  27. Maulida Rahmayanti

    OmWil….terima kasih infonya.
    Sya udh coba urus sendiri Permohonan Roya ke BPN Depok, dokumen sdh lengkap, tapi saya diminta urus Permohonan pengukuran tanah / plotting karena di sertifikat msh tertulis Gambar Situasi sedang tulisan Surat Ukur dicoret. Apa benar begitu OmWil? Terima kasih sebelumnya

  28. Salam oom will terima kasih infonya…
    Mau share oom baru kmaren 14 Maret 2016 sy urus roya di BPN Jakarta Timur, proses nya mudah syarat2nya masih sama, (fotocopy SHM, fotocopy KTP dan KK yg sudah dilegalisir kelurahan, fotocopy PBB, materai, surat lunas bank, surat ket roya dr bank)
    Hanya skrg sudah tdk ada koperasi, skrg ambil map roya di dlm gedung gratis.
    Setelah isi formulir dan tanda tangan diatas materai di dalam map bawa ke counter 2.1 , siapkan fotocopy SHM, nanti diproses sama petugasnya. kalau beruntung data2 rumah nya lengkap di file mereka bisa langsung ke Loket Pemohon Langsung disamping counter 2.1
    Kalau sy kmaren data rumahnya kurang lengkap jd harus naik ke lantai 3 ketemu Pak Saari Firdaus utk pemetaan dn kemudian turun ke lantai 2 ketemu Pak Iwan utk minta no SIB ( Surat Izin Bangunan) setelah selesai balik ke counter 2.1 baru kemudian ke Loket Pemohon Langsung.
    Dr situ dibuatkan resi bayar ke Bank DKI yg terletak di dlm komplek Walikota Jaktim jd cukup jln kaki dan bayar biayanya Rp 50.000 saja, lalu balik ke counter 3 dibuatkan print an, lalu balik lagi ke Loket Pemohon Langsung dan dikasih tanda terima dokumen utk ambil minggu depan.
    Jgn ragu utk urus sendiri krn biayanya hanya IDR 50.000 bandingkan dgn notaris yg minta 1,5jt 😦

    • Syukurlah Mang Enjum memang lebih baik urus sendiri Kalo Depok masih ada Koperasinya dan saat ini di Depok sedang ada pengurusan HGB ke SHM dg biaya 60 ribu saja. Terima kasih sharingnya Salam Berdaya

  29. Biaya nya hanya IDR 50.000 saja di BPN Jakarta Timur sekarang ( Maret 2016 )

  30. Pak kalo mau urus Roya sekalian rubah dari HGB menjadi SHM bisa gak???biar gak bolak-balik….

    • Bisa pak cuma ada proses peningkatan status tanah yg detilnya bisa ditanyakan ke BPN, Siapa tahu ada pemutihan seperti di Depok Jawa Barat.

  31. Om kalau utk daerah bekasi apakah sama syaratnya..kebetulan kk saya tidak ada sementara foto copynya ada apakah yg asli harus ditunjukan juga.ya tks

  32. Sekedar sharring, kemaren saya ke BPN Depok ngurus Roya. Ada satu proses yang harus dijalani sebelum Roya diproses yaitu Plotting; saya disuruh balik hari Kamis untuk ambil hasil plotting, setelah itu baru masukkan dokumen untuk proses Roya

  33. omwil mau tanya klo pemilik rumah telah meninggal apakah roya bisa di urus? sy sdh cb tanya ke notaris untuk urus dr nama almarhum ke nama ahli waris hingga berbentuk sertifikat perlu biaya 15jt (di luar pajak)
    karena katanya pemilik sdh meninggal jd tdk bs di roya,butuh SK(SURAT KUASA) gt,apakah benar dan adakah solusi?krn menurut sy 15jt cukup mahal untuk ganti nama dr almarhum ke ahli waris, trims

  34. maaf maksud sy SK(SURAT KEPUTUSAN dari kepala BPN)

  35. risa wulansari

    Infonya sangat membantu… terimakasih banyak

  36. Janeeta Sofyan

    om wil..sy mau tnya..sy dlu prnah klo ga slah 5 thn yll..ambil kpr di cimb niaga pndok indah..tpi kmudian sy lunasi scepatnya…msalahnya trnyata akte trsebut belum di ROYA oleh pihak bank..brarti sy hrus meroyakn nya sendiri..msalahnya akte trsebut ats nama suami (bru 1 bln yg llu suami meninggal dunia)..bisakah akte trsebut sy roya dgn kndisi suami sdah almrhum?apkah lbih baik mnggunakan surat kuasa seakan2 suami msh ada..(agr lbih mudah dlu u/pngurusan royanya)..atau bgmn?krn bila kndisi sdah almrhum sprtinya agk lbih ribyet urusannya..mskipun file2 sprti surat kmatian, ket ahli wris, dll,dsb sdah ada.. (sy mmpunyai anak 1 dan msh dbawah umur)..document apa2 aja yg hrus disiapkn?spy tdk bolak-balik..rencana rumah itu sy mau jual u/mnfaat yg lbih brmanfaat (krn rmah itu tdk ditempati)..mhon info sgera ya om wil..biar sy bisa cpat urusnya skalipun sy msh dlm kondisi berduka yg amaaad sangaaaadd….

  37. Om Wil,..infonya sangat membantu…..terimakasih om Wil…GBU

  1. Ping-balik: Surat Terbuka untuk Kepala BPN | wujud

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: