Building Working Community Sales Area Indosat Manado

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Udara dingin terasa menusuk ketika pintu kamar terbuka. Cukup memaksa selimut putih ditarik kembali menutupi tubuh diatas tempat tidur. Kesibukan dalam kamar 1 sudah berdenyut meski waktu belum beranjak dari pukul 5 pagi. Beberapa rekan peserta yang sudah terbangun terlihat melaksanakan kewajiban agam$a mereka untuk sholat subuh.

Hari itu Minggu 21 Oktober 2012 saya terjaga dengan tubuh yang sehat. Meskipun pada malam sebelumnya tidur sudah larut malam tetapi tetap saja meraih mimpi indah. Setelah sadar dan doa sejenak saya melanjutkan persiapan kegiatan hari kedua. Dalam kamar masih terlihat rekan lain terlelap dalam buaian mimpi mereka diatas tempat tidur bertingkat. Di Minggu pagi itu saya turun ke bawah keluar dari penginapan untuk menyiapkan games yang akan dilakukan oleh peserta meskipun tanpa cuci muka. He he he…. tak apa lah ya.

Saya mulai memasang alat games di satu tempat yang dekat dengan tempat makan. Saya tak sendiri sebab ada 2 orang peserta yang menemani. Sambil bercakap-cakap dengan mereka tak terasa terpasang sudah 2 jenis games yang akan dimainkan yaitu Amuba Electric Fence dan Tembok China. Kami bertiga pun melanjutkan ke lokasi lain di bawah tempat yang pertama. Disini kami juga memasang 2 buah jenis games yakni Buta Bisu Tuli dan Electric Maze. Sesekali 2 orang yang menemani mencoba memancing kunci dari permainan yang mereka akan ikuti. Tak butuh waktu lama 2 games dengan alat bantu tali rafia telah terpasang dengan baik. Di kejauhan sudah mulai terlihat Gunung Lokon yang sempat mengeluarkan debu menyelimuti Kota Manado dua minggu sebelum pelaksanaan. Tugas pemasangan pagi itu diakhiri di bawah pepohonan dekat lahan parkir bebatuan. Pada lokasi ini saya dan 2 peserta memasang 3 buah jalur yang akan digunakan dalam permainan Mendarat Di Bulan dengan bola-bola warna warni diletakkan pada tengah lintasan.
Setelah pemasangan dilakukan sayapun bergegas menuju tempat penginapan untuk mempersiapkan diri. Matahari pagi mulai beranjak dari ufuk timur. Cahaya mentari tembus disela pepohonan menyinari lokasi kami mengadakan Building Working Community. Kondisi peserta juga kelihatan penuh semangat terekam saat mereka melahap sarapan pagi.

Kegiatan Sales Area Indosat Manado dimulai dengan melakukan foto bersama. Foto diambil dengan latar belakang Gunung Lokon. Baju kaos dengan logo Indosat dibagian bawah kanan dan sablonan di dada kaos bertuliskan Building Working Community Sales Area Manado. Tampak pada sisi belakang terlihat Logo dan tulisan Indosat dengan dasar kaos warna putih.

Aktifitas Team Building hari kedua diawali dengan doa syukur atas hari yang sudah dijadikanNya. Selanjutnya saya meminta perwakilan kelompok untuk mempraktekkan Intention Setting. Sesudah itu 3 kelompok yang sudah terbentuk sedari tadi malam mulai mempresentasikan hasil karya masing-masing. Ada 3 kelompok terbentuk diambil dari Nilai Budaya Kerja perusahaan Indsan Gemilang yakni ; Kelompok Integritas, Kelompok Kerja Sama dan Kelompok Fokus Pada Pelanggan. Ketiga kelompok mesti menampilkan yel yel mereka untuk mengawali acara hari Minggu pagi yang cerah itu.

Kegiatan Building Working Community Sales Area Manado seperti pada lokasi lain juga menggunakan konsep Experiential Learning. Fase Norming, Storming dan Forming sudah dilakukan malam sebelumnya. Hari kedua merupakan Fase Performing bagi setiap kelompok yang sudah terbentuk. Untuk kedua kalinya saya menyisipkan konsep NLP pada kegiatan di Manado ini. Peserta dikenalkan pada jenis-jenis karakteristik seperti Visual, Kinestetik, Auditory dan Auditory Digital. Disamping itu juga disisipi Intention Setting dan Self Acknowledgement bagi seluruh peserta sehingga diharapkan mereka dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan dan pekerjaan sehari-harinya. Apabila dijadikan kebiasan Intention Setting ini akan memberikan dampak luar biasa dalam membentuk kepribadian demi kesuksesan setiap praktisinya.

Pada kegiatan hari kedua peserta terlihat antusias melahap setiap games pada session pertama yang diberikan diantaranya ; Street Alley, Panggil Panggilan, Blind Lead. Tiap Permainan berakhir, saya menyampaikan pesan sponsor mengenai Kode Etik dan Whistleblower yang berlaku di Indosat hingga usainya session pertama.

Session Kedua dimulai sesaat setelah peserta menikmati coffee break dengan memainkan Tembok China, Amuba Electric Fence dan ditutup dengan Break the Pencil. Games Elevator yang sangat mengundang kegembiraan bagi seluruh peserta juga diberikan. Akhir sessi kedua ini boleh jadi sangat berkesan sebab beberapa peserta mesti tersiram air akibat kegagalan dalam mentransfer anggota kelompok dari satu titik ke titik yang ditentukan. Tenaga yang terkuras dalam games ini akan terbayar dengan makan siang yang lahap dari seluruh peserta.

Session ketiga dimulai setelah peserta menikmati makan siang diawali dengan games Kelipatan Lima yang membuat banyak peserta kembali mendapatkan coretan dimuka seperti perjanjian kontrak belajar.

Pada session ini peserta melahap games Mendarat di Bulan yang memiliki nilai kepemimpinan. Games kedua berupa Melipat Kertas juga mengandung unsur dan mengajar peserta untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Hujan rintik sempat turun tak menyurutkan semangat peserta menyelesaikan games Sepetak Bersama yang memberikan bobot lebih kepada nilai kerja sama kelompok.

Kegiatan dua hari satu malam berujung pada akhir dengan permainan Bola Zig Zag. Di bawah arahan Sales Area Manager semua peserta mendengar, melakukan instruksi yang diberikan. Ketekunan, Kerja sama dan Kepatuhan yang dimiliki membuat peserta mampu menggulirkan Bola Plastik dari titik awal ke titik akhir. Tepuk tangan keberhasilan menyeruak disekitar area kantor administrasi pengelola.

Suntikan games The Power of Action seolah menjadi makanan penutup bagi peserta. Aksi dan Eksekusi sangat diperlukan bagi seluruh peserta manakala diaplikasikan dalam tugas pekerjaan yang diemban. Harapan, Doa dan Ungkapan Syukur nyata terlihat dari raut wajah peserta. Meskipun lelah namun semangat untuk melakukan aksi terbaik bagi perusahaan tetap terjaga. Keberdayaan yang dimiliki menambah amunisi bagi peserta untuk melakukan eksekusi bagi setiap target yang sudah dicanangkan perusahaan.

Tanamkan strategi CEPAT dengan fokus pada Customer, People, Expansion, Asset Utilization dan Technology tanpa melupakan nilai budaya perusahaan berupa INSAN GEMILANG yaitu ; Integritas Kerja Sama, Kemitraan, Keunggulan dan Fokus pada Pelanggan.

Kegiatan Team Buidling adalah permulaan pembentukan nilai-nilai kelompok dan akan semakin berdaya apabila konsistensi nilai-nilai yang sudah terbentuk dalam kegiatan tersebut dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan pelbagai kegiatan dan aktifitas lain yang menumbuhsuburkan kerja sama, kepercayaan, pengorbanan, kepemimpinan, akselerasi, fokus seperti yang sudah muncul selama kegiatan Building Working Community kali ini dalam pelaksanaan tugas keseharian Sales Area Manado dengan pelbagai fungsi yang menjadi tanggung jawab masing-masing.

Selamat Berjuang Sobat Muda Sales Area Indosat Manado. Maju Terus Demi Indosat Jaya dan tak lupa senantiasa senandungkan :

Hai Hai Hai ! Salam Berdaya !
Potong Bebek Angsa Masak Dikuali
Indosat Juara Torang Pasti Bisa
Kejar si Merah Tinggalkan Biru
La La La La La La
Pantang Menyerah Slalu Sahaja
So Pasti Torang akan Jadi Juara

Siapa Kita Indosat Manado
Apa moto kita Customer Focused
Mana Suaranya Hu Ha Hu Ha Hu Ha YES !

Iklan

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok, Ambon

Posted on 29/10/2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: