Perjalanan Menuju Bukit Doa Mahawu

Gambar

Lampu-lampu jalan masih menyala saat tubuh ini bangun dari tidur lelap. Suara ayam berkokok  terdengar sesekali dari belakang rumah. Ungkapan syukur lantas terlontar betapa indah hari yang akan saya jalani. Pagi ini saya bergegas menyiapkan diri lebih pagi dari biasanya. 1 buah tas yang akan dibawa saya periksa ulang isinya. Apakah perlengkapan games yang dibutuhkan sudah dimasukkan kedalam tas yang bagian luarnya tertulis ITCC. Slayer, Blind Fold, Spidol Besar, Ball poin, Amplop berisi uang mainan semua sudah berada di tas. Setelah dirasakan lengkap sayapun melingkari tas dengan lakban warna hitam, alih-alih sebagai penguatan. Saya pun bergegas membersihkan diri.

Hari itu Jumat 19 Oktober 2012, saya akan melaksanakan tugas menjadi fasilitator kegiatan Building Working Community. Kali ini kota yang akan dituju adalah bagian utara Sulawesi yakni Kota Manado. Berbekal surat tugas yang diemban saya bersama seorang rekan kembali melaksanakan tugas sejenis setelah akhir Januari 2012 lalu menyambangi Banjarmasin.

Kelar membersihkan diri saya langsung berangkat ketika jam dinding mentari diruang tamu menunjukkan waktu pukul 5.30 menit. Harapannya dapat tiba di Bandara lebih awal dari keberangkatan yang rencana akan membawa saya pukul 09.45 WIB. Perjalanan menuju Manado menurut jadwal akan memakan waktu kurang lebih 3 jam. Maskapai milik pemerintah yang akan mengantarkan saya ke Manado akan singgah sejenak di kota Makasar. Jarak tempuh Jakarta menuju Makasar sekitar 1420 KM. Mendapat tempat duduk di nomor 12F, saya pun mulai menikmati perjalanan Jakarta – Makasar – Manado seperti doa harapan dan intensi yang pagi itu saya ucapkan. Perjalanan Makasar – Manado yang membutuhkan waktu 1 jam 21 menit dalam cuaca cerah mengantarkan saya tiba di Kota Manado setelah transit sekitar 30 menit di Makasar.

Rekan-rekan di Manado rupanya sudah stand by di Sam Ratulangi Airport sehingga usai mengambil bagasi saya tak membutuhkan waktu lama menyapa teman-teman yang menjemput. Sesuai dengan rencana kami langsung menuju lokasi team building di Bukit Doa Mahawu Alamanda Resort Kota Tomohon. Meski perjalanan sempat terhambat karena kemacetan yang diakibatkan adanya kecelakaan sebuah bus yang melintang di tengah jalan kecil menuju Tomohon.

Saat tiba di lokasi, satu kata saja langsung terucap, Luar Biasa, tempat yang sangat indah, nyaman dan betul-betul cocok sesuai namanya, Bukit Doa. Jalan berbukit menuju lokasi seolah seperti jalan menuju Bukit Golgota. Udara sejuk semilir terasa menyejukkan tubuh bagi siapapun yang menginjakkan kakinya di Alamanda Resort. Pohon-pohon rindang menyelimuti tempat penginapan yang terbuat dari kayu-kayu. Ruang Aula, Kamar-kamar, tempat makan, tempat tidur semua seolah membuat betah bagi siapa saja yang berkunjung ke sana. Suara-suara binatang menambah kehikmatan suasana di lokasi itu. Sapaan ramah penuh jiwa melayani dari 2 orang petugas semakin membuat kami berempat yang saat itu melaksanakan survey serasa tak ingin kembali cepat meski tarikan isapan rokok sudah habis. Kabut sudah turun ketika saya dan tiga orang rekan memohon pamit untuk kembali esok pagi. Jalanan licin sehabis hujan membuat kami berhati-hati menuju kendaraan yang akan membawa pulang ke Hotel tempat saya dan rekan dari Balikpapan menginap. Gunung Lokon terlihat jelas dari lokasi sedang berdamai dengan segala isi semesta di Kota Manado

Keesokan harinya, Sabtu 20 Oktober 2012 saya bersama 2 orang rekan dari Balikpapan sekitar tengah hari berangkat menuju Bukit Doa Mahawu untuk melakukan persiapan. Ruangan aula disulap menjadi tak berkursi atas bantuan seorang petugas yang ramah. Lantunan suara musik keluar dari sound system di atas ruangan. Lagu Mars Indosat diputar lebih dari satu kali berulang. Setelah melihat, merasakan semua cukup, kami diantar oleh seorang pengemudi berangkat menuju Tomohon untuk menikmati makan siang di salah satu tempat makan favorit di kota yang hampir sepanjang jalan ada tulisan ” Brenti Jo Bagate” yang menggelitik saya untuk mengetahui arti kata tersebut. Sekitar pukul 3 sore usai menyantap makan siang dengan ikan air tawar di rumah makan itu, kami kembali menuju ke Bukit Doa setelah memperoleh informasi bahwa peserta sudah berangkat dari Manado menuju lokasi.

Hujan yang usai turun membasahi Bukit Doa membuat udara semakin sejuk saat peserta tiba di Alamanda Resort. Keceriaan tampak dari raut wajah mereka sambil menikmati minuman selamat datang di tempat makan lokasi penginapan. Tak lama kemudian para pimpinan Indosat area Kalimantan Sulawesi Maluku Papua pun tiba diantar oleh Sales Area Manager Manado.

Waktu terus berjalan, acarapun mulai mengalir ditandai dengan kedatangan peserta ke dalam ruangan aula tempat kegiatan hari pertama di lakukan. Awal acara ditandai dengan penyampaian pencapaian Sales Area Manado dilanjutkan dengan wejangan dari para pimpinan area Kalisula. Malampun terus meninggi menyelimuti Bukit Doa. Lampu-lampu mulai menyala dalam setiap ruangan yang tersedia. Tak terasa acara malam pertama yang diisi dengan beberapa games interaktif tetap saja membuat peserta bergairah meski waktu sudah hampir tengah malam. Kegiatan malam ini ditutup dengan sebuah acara perpisahan mengiringi pengalih tugasan salah seorang pimpinan area yang beralih mengemban tugas di Balinusra.

Usai menikmati rebusan jagung, kacang kulit khas Manado di kantin, peserta pun mulai beranjak ke peraduan masing-masing sambil berharap meraih mimpi indah dilokasi indah di Kota Manado untuk melanjutkan kegiatan esok hari. Jam dinding bundar diatas salah satu sudut kantin menunjukkan waktu 23.45. Rasa syukur diucapkan kepada Tuhan Pencipta alam semesta atas ciptaannya yang boleh saya mengijinkan saya menikmatinya. Keberdayaan alam Bukit Mahawu seolah membuat, menambah keberdayaan diri dan tubuh ini untuk melayani rekan-rekan Kota Manado pada keesokan harinya dengan penuh ketulusan hati seperti sejuk dan indahnya alam Bukit Doa Mahawu yang saya rasakan.

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 26/10/2012, in Office. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: