Industrial Relations Certification Program (IRCP) Batch V


Setelah sempat tertunda akhirnya Pelatihan Industrial Relations Certification Program Batch V dapat terlaksana. Pelatihan yang diselenggarakan mulai 15-19 November 2011 diadakan atas kerja sama APINDO Training Center (ATC) dengan Universitas Indonesia. Industrial Relations Certification Program angkatan ke-5 diadakan di Ruang Sumadipradja & Taher Fakultas Hukum Universitas Indonesia diikuti oleh 17 orang dari beberapa perusahaan Telekomunikasi, Perminyakan, Fashion dan Law Firm juga. Pelatihan yang diperuntukkan bagi penyelenggara Hubungan Industrial di masing-masing perusahaan sepanjang pelatihan terlihat cukup semangat dalam mengikuti ceramah yang disampaikan oleh pembicara-pembicara handal. Para pembicara yang diundang oleh panitia penyelenggara terasa cukup lengkap, dari pihak pengusaha, pemerintah dan tentunya sahabat penggiat Hubungan Industrial yaitu perwakilan Serikat Pekerja juga turut menyampaikan pandangannya. Nara sumber yang tampil diantaranya ; Aloysius Uwiyono, Basani Situmorang, Iftida Yasar, Payaman Simanjuntak, H. Soeprayitno, Aditya Warman, Kemalsyah Siregar, Sahat Sinurat, Timbul Siregar termasuk salah seorang Hakim Adhoc Pengadilan Hubungan Industrial, Sri Razziaty Ischaya dan Dwi Tjahyo Soewarsono selaku Hakim Adhoc PHI pada Mahkamah Agung RI.

Metode Pelatihan IRCP yang dilangsungkan ini selain penyampaian ceramah atau kuliah, pada setiap hari setiap peserta diberikan tugas harian terkait salah satu materi yang sudah disampaikan oleh pembicara untuk dikumpulkan keesokan hari sebelum dimulainya pelatihan. Pelatihan sertifikasi ini di akhir program juga memberikan ujian tertulis bagi para peserta sebagai salah satu syarat kelulusan. Disamping itu pembuatan paper juga diwajibkan bagi seluruh peserta dengan jangka waktu pembuatan yang diberikan adalah selama 2 (dua) bulan sehingga pada pertengahan Januari 2012 mendatang sudah harus dikumpulkan. Penilaian ujian tertulis, tugas harian dan paper dilakukan oleh Team dari Universitas Indonesia.

Sebagai keynote speaker terakhir sebelum acara penutupan tampil Erman Suparno mantan Menteri Tenaga Kerja yang turut pula memaparkan makalah bagi seluruh peserta.

Apa yang sudah diperoleh sepanjang 5 hari pelatihan kiranya dapat dijadikan modal dalam melaksanakan fungsi Hubungan Industrial bagi seluruh peserta. Dalam kesempatan akhir pelatihan ditunjuk pula 3 orang peserta sebagai pengurus angkatan yang akan mempersiapkan media komunikasi yang dapat digunakan sebagai forum tukar menukar informasi.

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 23/11/2011, in Office. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: