Sabda Bina Umat : Hormati Orang Tua

1 Raja-Raja 2: 13-21
Rabu, 28 Sep 2011

Sebagai anak, menghormati orangtua bukanlah hanya sekedar kewajiban belaka, tetapi merupakan hak istimewa.

Salomo, sekalipun telah duduk di takhta kerajaan memberikan teladan yang baik tentang hal itu. Dihadapan ibundanya ia adalah tetap berstatus anak. Anak dari ibu yang melahirkan, merawat dan membesarkannya. Salomo datang, tunduk menyembah ibundanya (ay.19). Sebagai seorang anak, ia wajib menghormati orangtuanya.

Pangkat tinggi dan kekayaan melimpah atau status hebat apapun yang kita miliki, yang mungkin jauh melebihi orang tua kita tidak bisa menjadi alasan bagi kita untuk berhenti menghormati mereka, ayah dan ibu kita. Anak perlu taat kepada orangtua karena ini merupakan sebuah perintah; suatu keharusan!

Ingatlah, TUHAN serius dalam hal pengajaran tentang menghormati orangtua. IA menempatkan hal itu sebagai bagian dari 10 Hukum-Nya: “Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.” (Kel. 20:12). Mereka layak menerima penghormatan. Sebagai anak, kita wajib selalu menghargai orangtua dengan hati yang tulus dan penuh hormat, bukan dengan hati yang merasa “lebih” lalu meremehkan bahkan menihilkan orangtua sendiri.

Jangan sampai kita kehilangan kesempatan untuk menunjukkan kasih dan penghormatan kepada mereka, karena kalau hal itu terjadi maka kelak kita akan sangat menyesalinya. Ingatlah pepatah yang mengatakan “sesal kemudian tak berguna”. Allah selalu memberikan ganjaran atas ketaatan kita mengasihi dan menghormati orangtua yang melahirkan, merawat dan membesarkan kita. Mari kita melakukannya dengan hati tulus dan penuh kasih.

KJ. 446: 2,3
Doa: TUHAN sadarkan terus untuk menghormati orang tua

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 28/09/2011, in Sabda Bina Umat. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: