Sabda Bina Umat : Komunikasi Dalam Keluarga

Samuel 20: 12-17

Selasa, 13 Sep 2011

Percakapan dari hati ke hati antar anggota keluarga sangat penting guna membangun saling pengertian dan hidup keluarga yang rukun. Yonatan mau memastikan keberadaan hati ayahnya, Saul. Dengan membangun komunikasi, Yonatan berharap memperoleh informasi berharga tentang niat dan rencana ayahnya kepada Daud. Yonatan sendiri mau menjadi komunikator yang jujur sehingga apapun kebenarannya dapat diteruskan tanpa ada sensor atau rekayasa.

Komunikasi pasti membutuhkan waktu dan kejujuran dari semua pihak.

 Pendapat dan penilaian pihak luar dapat menyimpang jika secara internal kita mengenali suami, istri dan anak-anak kita dengan baik. Keluarga selalu menjadi sasaran kuasa kegelapan guna menghancurkan lembaga yang diciptakan Allah. Serangan utama tentu ditujukan kepada imam dalam keluarga, yakni ayah atau bapak. Mengabaikan fungsi rohani itu berarti membiarkan hidup keluarga berada dalam jurang kehancuran. Keluarga yang mengambil keputusan bercerai, menjadi contoh buruk tentang mandulnya fungsi rohani seorang ayah sebagai imam keluarga.

Komunikasi dengan hati, dengan perasaan perlu dikembangkan dalam pola percakapan keluarga. Sikap otoriter dan masa bodoh, tidak menolong masa depan keluarga. Komunikasi satu arah hanya mendatangkan salah pengertian dan sakit hati. Satu mulut dan dua telinga, mengingatkan kita untuk banyak mendengar ketimbang berbicara. Baiklah perkataan-perkataan kita memberkati semua orang daripada mendatangkan kepahitan dan pertengkaran.

KJ. 39: 3

Doa: Kami berdoa buat orang tua kami dalam fungsi sebagai imam keluarga agar kami beroleh teladan hidup dan berkatMu, ya Allah lewat perkataan-perkataan mereka yang membangun dan menghibur

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 13/09/2011, in Sabda Bina Umat. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: