Hidup Setiap Orang Ditangan Allah

Pengkhotbah 9 : 1 – 6
Selasa, 23 Ags 2011

Apakah yang akan kita lakukan sebagai orang beriman jika ternyata dalam kehidupan ini, semua orang mempunyai nasib yang sama? Atau semua orang diperlakukan sama dalam segala sesuatu; baik orang benar maupun orang berdosa; orang baik maupun orang jahat; orang tahir maupun orang najis; orang yang mempersembahkan korban maupun yang tidak mempersembahkan korban. Kita pasti akan bersikap pesimis dan apatis, bahkan mungkin ada yang akan berkomentar, “kalo begitu lebih baik menjadi orang jahat dan berdosa saja daripada menjadi orang benar dan baik.” 
Bacaan Alkitab pagi ini, memang secara gamblang menegaskan hal tersebut, yaitu bahwa nasib semua orang sama. Namun, jika kita membaca dengan teliti maka kita dapat memahami maksud Pengkhotbah menegaskan demikian. Awalnya Pengkhotbah mengatakan bahwa kehidupan setiap orang dan semua yang dilakukannya ada tersembunyi di tangan Allah; manusia tidak mengetahui apa pun yang dihadapinya (ay.1). Dari konteks ini, Pengkhotbah menegaskan bahwa nasib semua orang sama. Artinya, sama-sama tidak tahu apa yang akan dihadapinya karena segala sesuatu tersembunyi di tangan Allah. Hanya Allah saja yang tahu apa yang akan dihadapi setiap orang, karena Dia yang merancang jalan hidup dan kehidupan serta masa depan setiap orang. Siapa pun tidak berkuasa untuk menentukan apa yang harus dihadapinya dalam hidup ini.
Tuhan yang menciptakan kita. Dia merancang seluruh jalan hidup kita dari awal sampai akhir. Semuanya tersembunyi di dalam tangan-Nya. Karena itu, mari kita semua jalani hidup ini dengan taat dan setia pada firman dan kehendak Tuhan agar yang akan kita hadapi sepanjang dan seumur hidup kita adalah kebaikan-kebaikan yang Tuhan anugerahkan. Sebab yang akan dihadapi oleh orang baik dan benar tidak akan sama dengan yang akan dihadapi oleh orang fasik dan berdosa.

KJ. 367: 2

Doa: Ya Tuhan, kami mau menyerahkan hidup kami ke dalam tangan-Mu

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 23/08/2011, in Sabda Bina Umat. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: