SBU Malam : Manusia Yang Berakhir Sebagai Hewan

Mazmur 49 : 21
Sabtu, 20 Ags 2011

Apakah bedanya manusia dan binatang? Seorang ahli antropologi mengatakan bahwa manusia adalah “binatang yang tak tuntas (unfinished animal).” Maksudnya, mungkin
agak mirip dengan binatang. Bedanya, kalau binatang itu ibarat barang buatan dia telah selesai dibuat, sedangkan manusia adalah barang belum selesai. Kalau selesai, ya dia menjadi binatang. Lalu pertanyaannya apa beda binatang dengan manusia itu? Bisa dilihat dari seekor anjing. Sekarang ini anjing-anjing sudah dimanjakan sedemikian rupa dengan makanan yang khusus dibuat untuk anjing (dog food). Seharusnya karena makanan-makanan khusus itu, anjing-anjing yang demikian itu tidak akan lagi tertarik pada makanan-makanan yang tidak begitu. Nyatanya tidak demikian. Seekor anjing peliharaan yang sudah dimandikan dan dirawat dengan baik pun, ketika terlepas dari tali pengikatnya, akan mendekati tempat pembuangan sampah yang bau. Mungkin ia akan mencium dan mengorek-ngorek sampah di tempat tersebut. Dia tetap anjing karena siklus hidupnya adalah siklus yang sudah tuntas dna dia hanya bisa hidup mengikuti naluri tersebut. Anjing sama sekali tidak memiliki peluang hidup di luar siklus naluri itu. Karena manusia adalah binatang yang tidak tuntas, karena ia dikaruniai akal dan budi, maka ia bisa terbebas dari siklus naluri itu sehingga tidak seperti anjing atau binatang lainnya. Itulah yang membedakan manusia dari binatang lainnya. Manusia yang nampaknya bergelimang kesuksesan atau kekayaan dalam ayat 17-20, dalam bahasa pemazmur tidak mempunyai pengertian (akal dan budi), sama saja dengan binatang. Bahkan lebih buruk lagi, dibinasakan karena dianggap tidak berguna. Termasuk dalam kategori ini, mereka yang merancang kejahatan karena merasa diri benar.

KJ. 260: 2

Doa: Ajari kami untuk hidup sebagai manusia secara benar di hadapan-Mu, ya Tuhan. Bukan berjalan dengan kebenaran kami sendiri yang semu tetapi dengan kebenaran sejati yang hanya ada di dalam Kristus.

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 20/08/2011, in Sabda Bina Umat. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: