SBU Pagi : Akhir Dari Suatu Awal

Mazmur 49: 10-13
Jumat, 19 Ags 2011

Untuk semua permulaan, pasti ada akhirnya. Sesuatu tidak disebut “mula”, kalau tidak ada “akhir.” Maksud dari ungkapan ini hanyalah untuk menunjukkan bahwa ada proses yang harus dilewati dalam kehidupan manusia ketika menghadapi suatu masalah. Oleh karena itu, ketika menghadapi masalah, janganlah terjebak dalam masalah itu saja sehingga tidak mendapatkan peluang untuk melihat sisi lain dari masalah itu. Akhir suatu masalah memang memakan waktu yang lama dan tidak bisa dipastikan, akan tetapi cobalah meyakini diri seolah menatap suatu akhir yang baik sehingga masalah pun dapat dihadapi dengan baik. Sikap yang demikian dapat menolong seseorang untuk merumuskan sesuatu dan melihat hal-hal kreatif lainnya, termasuk akhir dari masalah.
Itulah yang dikatakan pemazmur dalam bacaaan pagi ini. Dalam menghadapi kejahatan yang dilakukan oleh pengejar-pengejarnya, pemazmur yakin bahwa dalam segala kehebatan dan kekuatannya, manusia punya batasnya. Paling sedikit batas kehidupannya, bahwa ia akan mati.

Dengan menatap penderitaan dan kesulitan atau masalah seperti yang dikemukakan pemazmur, setiap pengikut Tuhan Yesus tidak perlu putus asa dalam menghadapi masalah. Para pengejar umat Tuhan akan dimusnahkan dan berakhir seperti hewan yang dibinasakan. Inilah “akhir” dari awal itu. Masih banyak kejahatan yang dilakukan para pengejar terhadap pengikut Tuhan Yesus. Negara yang diproklamasikan kemerdekaannya tanggal 17 Agustus 1945 itu pun belum dapat mengatasi semua persoalan itu secara benar menurut hukum yang berlaku. Namun hal itu bukanlah alasan bagi para pengikut Yesus untuk berputus asa. Kalau bangsa ini meyakini keterlibatan Tuhan dalam kemerdekaannya, maka kita sebagai umat-Nya hendaknya tetap bertekun dalam doa dan iman kita.

KJ. 465: 2

Doa: Yakinkan kami ya Yesus, bahwa Engkau selalu ikut campur tangan dalam setiap langkah hidup kami

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 19/08/2011, in Sabda Bina Umat. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: