Tetaplah Di Dalam Kristus (SBU Pagi)


Mazmur 46: 2-8

Hari ini bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang diproklamasikan oleh Bung Karno dan Bung Hatta tanggal 17 Agustus 1945. Sudah 66 tahun bangsa ini merdeka. Hakikat dari kemerdekaan adalah kebebasan. Kebebasan dalam arti seseorang berhak mengembangkan dirinya tanpa ada paksaan dari orang lain. Kebebasan untuk menentukan masa depannya sendiri.

Bangsa Indonesia pada waktu dijajah Beland juga merasa tidak ada harapan sama sekali untuk memperoleh kemerdekaan.
Pendidikannya rendah, rakyatnya miskin, tertinggal secara ekonomis dan teknologis, masa depan seolah tak ada. Akan tetapi akhirnya bangsa itu bisa merdeka juga. Dalam naskah Pernyataan Indonesia Merdeka yang disusun oleh para pendiri bangsa tanggal 10 Juli 1945 dirumuskan sebagai berikut: “Atas berkat rahmat Allah yang maha kuasa, berdasar atas segala alasan yang tersebut di atas itu, didorong oleh keinginan luhur supaya bertanggung jawab atas nasib sendiri, berkehidupan kebangsaan yang bebas, mulia, terhormat, maka kami, rakyat Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan.” Kalau bangsa Indonesia bisa merdeka, maka itu terjadi karena berkat dan rahmat dari Allah Yang Maha Kuasa.

Pemazmur bisa memiliki keyakinan yang kuat atas Allah seperti yang diungkapkan di atas juga karena pengalaman mereka keluar dari Mesir. Karenanya mereka tidak putus-putusnya berharap kepada Allah, juga ketika mengalami saat kritis dan menindas.

Walau masih banyak pelanggaran termasuk kebebasan beragama, akan tetapi sebagaimana bangsa Israel tetap percaya pada Allah, maka bangsa Indonesia juga tidak boleh putus asa atas keadaan ini.

KJ. 336: 3,4
Doa: Ajarilah kami mensyukuri kemerdekaan yang Tuhan limpahkan kepada kami sebagai satu bangsa. Kuatkanlah iman kami untuk terus berpengharapan kepada-Mu menghadapi berbagai persoalan bangsa

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 17/08/2011, in Sabda Bina Umat. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: