SBU Malam : Pekerjaan Tuhan Adalah Acuan

Mazmur 46: 9-12

Dalam salah satu bagian dari pidato bapak Soepomo pada sidang BPUPKI tanggal 31 Mei 1945, tentang hubungan Negara dan Agama, beliau mengatakan: “… Tuan-tuan yang terhormat, jika kita akan mendirikan negara Islam di Indonesai berarti kita tidak akan mendirikan negara
persatuan… Jikalau di Indonesia didirikan negara Islam, maka tentu akan timbul soal-soal
‘minderheiden.’ soal golongan agama yang kecil-kecil, golongan agama Kristen dan lain-lain. Meskipun negara Islam akan menjamin dengan sebaik-baiknya kepentingan golongan-golongan lain itu, akan tetapi golongan-golongan agama kecil itu tentu tidak bisa mempersatukan dirinya dengan negara. Oleh karena itu, cita-cita negara Islam tidak sesuai dengan cita-cita negara persatuan yang telah diidam-idamkan oleh kita semuanya dan juga yang telah dianjurkan oleh Pemerintah Balatentara… Dalam negara Indonesia itu hendaknya dianjurkan, …supaya takluk kepada Tuhan, supaya tiap-tiap waktu ingat kepada Tuhan. Itu semuanya harus dianjur-anjurkan, harus dipakai sebagai dasar moral dari negara nasional yang bersatu itu.”
Anjuran yang penting dari pendiri bangsa ini mungkin sudah dilupakan oleh generasi masa kini. Namun yang pasti, kuasa Allah bekerja dalam diri bapak Soepomo sehingga ia berani mengungkapkan pandangannya yang menentang berdirinya negara Islam di Indonesia. Seandainya tidak ada pandangan-pandangan seperti ini, mungkin saja keberadaan kita sebagai orang-orang Kristen tidak lagi mendapat tempat.

Pemazmur mengungkapkan bahwa salah satu pekerjaan TUHAN adalah “menghentikan peperangan sampai ke ujung bumi.” Termasuk di dalamnya upaya-upaya untuk menekan kaum minoritas. Kita berharap semoga di masa kini masih ada, orang-orang seperti bapak Soepomo berwawasam nasional dan dengan demikian memberi ruang gerak bagi kita.

KJ. 337: 2

Doa: Ingatkan kami untuk selalu takluk kepada-Mu Tuhan dan mendoakan kehidupan bangsa kami dan pemerintahannya, agar tidak mengesampingkan keberadaan kami yang minoritas

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 17/08/2011, in Sabda Bina Umat. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: