Rahasia Yang Tersembunyi Dari Abad ke Abad (SBU PAGI)

Mazmur 44: 10-17
Selasa, 16 Ags 2011

Salah satu persoalan yang dihadapi bangsa Israel sebagai umat Tuhan adalah mereka begitu yakin bahwa Tuhan mereka itu adalah yang Maha Perkasa, mengatasi dewa-dewa bangsa lain. Kesadaran ini muncul dari sejarah mereka sendiri sebagai budak Ibrani yang dapat keluar dari Mesir sebagai pemenang perang menghadapi para penguasa Adi Kuasa Mesir. Tetapi ketika mereka harus menghadapi kenyataan bahwa akhirnya mereka pecah menjadi dua kerajaan, yaitu Israel (Utara) dan Yehuda (Selatan). Kemudian diikuti oleh hancurnya Israel sekitar 200 tahun meninggalkan Yehuda sendirian, mereka yang di Yehuda masih tetap yakin akan kehebatan Tuhan mereka. Barulah ketika Yehuda juga hancur oleh Babel tahun 586 SZB (Sebelum Zaman Bersama), keyakinan mereka mulai goyah. Kalau Tuhan mereka memang hebat, mengapa mereka harus dibuang ke Babel?

Keraguan ini kemudian berakhir karena mereka menemukan jawaban bahwa bukanlah Tuhan mereka yang lemah, akan tetapi Tuhan memang sedang menghukum mereka akibat kelalaian mereka dalam memenuhi hukum dan ketentuan Tuhan. Mazmur ini adalah bagian dari kesadaran mereka.

Bangsa Indonesia juga mengalami hal serupa. Dalam naskah Rencana Pernyataan Indonesia Merdeka para pendiri bangsa menulis sebagai berikut: “Kedatangan bangsa-bangsa Barat di Indonesia, membawalah bencana kepada kami, bangsa Indonesia itu. Lebih dari tiga abad meringkuklah kami, bangsa Indonesia di bawah kekuasaan Belanda dengan haluan politik jahat: memecah-mecah persatuan kita, menghina, menginjak-injak rasa kehormatan kita, menghisap-memeras kekayaan kita untuk kepentingan bangsa Belanda sendiri.”

KJ. 40: 2
Doa: Tuhan, berikan kesadaran kepada kami untuk tetap memenuhi hukum dan ketentuan-ketentuanMu agar hidup kami selalu berjalan sesuai dengan kehendak-Mu. Jadikanlah kami bangsa yang selalu taat pada keyakinan bahwa hanya Engkaulah satu-satunya andalah hidup kami dan bukan pada hal-hal atau kuasa-kuasa yang lain

Iklan

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok, Ambon

Posted on 15/08/2011, in Sabda Bina Umat. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: