Allah Adalah Harapan Sejati

Mazmur 43: 5
Minggu, 14 Ags 2011

Sebelum kemerdekaan Indonesia diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945, Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) berapat tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 dan 10 – 17 Juli 1945 untuk merumuskan hal-hal yang diperlukan untuk kemerdekaan Indonesia. Ada dua hal penting yang hendak dirumuskan, yaitu naskah pernyataan kemerdekaan dan Undang-Undang Dasar.
Dalam merumuskan dua tugas itu, diskusi-diskusi dan perdebatan para pendiri bangsa meliputi berbagai hal tentang bangsa dan negara baru. Kesepakatan-kesepakatan itulah yang menentukan Indonesia di kemudian hari. Itu dapat dilihat misalnya dari rumusan alinea pertama Pembukaan UUD 1945 dengan tiga nilai utama bangsa Indonesia, yaitu kemerdekaan, kemanusiaan dan keadilan.
Ketika berbicara tentang sila Ketuhanan, Bung Karno dalam pidatonya tanggal 1 Juni 1945 mengatakan “Prinsip Indonesia Merdeka dengan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Prinsip Ketuhanan! … Hatiku akan berpesta raya, jikalau saudara-saudara menyetujui bahwa Negara Indonesia Merdeka berasaskan Tuhan Yang Maha Esa!” Keinginan itu disetujui sehingga Ketuhanan Yang Maha Esa menjadi sila dari Pancasila.

Sayangnya generasi penerus bangsa ini telah melupakan dasar keberadaannya ketika banyak persoalan terjadi. Bangsa ini hanya dapat diselamatkan dari situasi kekacauan yang bernuansa agama, kalau ada suatu komunitas agama yang dapat memberikan keteladanannya. Bahwa cara terbaik dalam menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa adalah dengan berharap kepada Tuhan. Dari sisi inilah GPIB sebagai Gereja yang bukan gereja suku, tetapi yang melampui berbagai suku bangsa terpanggil untuk menjadi teladan bagi bangsa.

KJ. 445: 2

Doa: Ajari kami untuk hanya berharap kepada-Mu saja dalam menghadapi berbagai permasalahan bangsa

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 14/08/2011, in Sabda Bina Umat. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: