Keniscayaan Yang Berujung Kepada Keberhasilan :”Building Working Community In The Land of God” Gerakan Pemuda GPIB Pancaran Kasih Depok Bajem 1 Sinar Kasih


Setelah beberapa waktu lamanya tak menginjakkan kaki ke Bukit Cimumput, sebuah Bukit tertinggi di area Jatiluhur, akhirnya pada hari Sabtu-Minggu/9-10 Juli 2011 saya berkesempatan menginjakkan kaki ketempat tersebut kembali. Kali ini tidak untuk mendampingi Siswa Pendidikan Dasar atau Peserta Program Magang Indosat bukan pula bagi Mahasiswa Kerja Praktek. Kini kegiatan 2 hari yang diikuti oleh 31 orang peserta diperuntukkan bagi Gerakan Pemuda GPIB Pancaran Kasih Depok. Ide pelaksanaan acara bertajuk Building Working Community In The Land of God itu sebenarnya sudah direncanakan sejak 2009 namun baru dapat terlaksana di 2011 ini. Sebuah penantian yang patut diberikan apresiasi bagi para penggagas acara ini. Mereka tak henti-hentinya memperjuangkan pelaksanaan acara yang bertujuan untuk saling mempererat para pemuda agar memiliki sebuah pola pikir pola tindak yang sama diantara beberapa anggota pemuda dari berbagai angkatan sidi. Kerinduan Team Kerja yang dibentuk Korwil GP Bajem 1 Sinar Kasih salah satu diantaranya juga berharap dengan adanya Team Building ini kesenjangan antara angkatan lama dengan angkatan baru dapat mencair. Kedepan diharapkan tak ada lagi rasa sungkan, malu diantara mereka.

Berkat pertolongan Tuhan terasa sungguh nyata pada kegiatan ini. Team Kerja pelaksanaan Building Working Community In The Land of God yang bekerja dari sebuah keniscayaan akhirnya boleh berbangga hati sebab jerih lelah mereka telah Tuhan ganti dengan keberhasilan terwujudnya pelaksanaan acara ini. Apa yang dilakukan panitia terutama Team Kerja patut diacungi jempol. Dengan sebuah keniscayaan tadi Team Kerja mengawali kegiatan berkonsep Experiential Learning ini dengan melakukan kunjungan kepada anggota pemuda secara door to door. Mereka berusaha untuk mengetuk pintu rumah dan pintu hati para pemuda agar mereka mau bergabung dalam acara tersebut. Alhasil beberapa anggota pemuda yang sudah lama tak lagi aktif mereka terlihat kembali pada kegiatan ini. Hal kedua yang dirasakan menjadi poin tersendiri bagi Team Kerja adalah betapa perjuangan melalui aksi dan doa yang dilakukan dalam rangka pencarian dana guna mencukupi pemenuhan kebutuhan pelaksanaan Outbound itu. Kerja keras yang dijalani oleh Team Kerja menghasilkan buah yang manis karena Tuhan campur tangan di dalamnya.

Sosiometri yang dilakukan terhadap Program di akhir acara sebelum Ibadah Penutupan menghasilkan Rp. 2.800.000,- (dua juta delapan ratus ribu rupiah) dari kemungkinan perolehan Rp. 3.100.000,- (tiga juta seratus ribu rupiah). 28 peserta memberikan uang pecahan 100 ribuan sedangkan 3 peserta lain memberikan uang pecahan 50 ribuan buat penilaian terhadap program. Pencapaian angka 90% bagi kepuasan peserta pada acara ini adalah sebuah indikator bagaimana performansi Team Kerja dalam melaksanakan kegiatan yang digagas bersama dengan Team Outbound Indosat Training & Conference Center Jatiluhur. Pencapaian angka 90 % boleh menjadi langkah awal bagi pelaksanaan aktifitas lain yang berkelanjutan sesudah Team Building ini.

Meskipun demikian dalam sebuah kelebihan pastilah terdapat kekurangan. Diantaranya mengenai pendapat peserta yang menulis bahwa kegiatan ini masih belum terlalu sempurna. Pendapat lain memberikan masukan agar kegiatan ini tidak berlaku bak layaknya sebuah latihan militer. Seorang peserta lain menyoroti masalah sekitar perut. Ketiadaan snack di sessi sore dan keterlambatan saat menyantap makan malam menjadi masukan bagi pelaksanaan program.

3 pendapat yang diberikan ini akan menjadi sebuah pelajaran bagi Team Kerja dan Pelaksana Team Building namun secara garis besar 90 % peserta menyatakan baik bagi program yang merupakan hasil kolaborasi apik Team Kerja dan pengarah dari Korwil Bajem 1 dengan Team Outbound Indosat. Hal penting yang mesti ditangkap Team Kerja bersama pengurus Gerakan Pemuda adalah kesinambungan program selanjutnya dalam mempertahankan apa yang telah dihasilkan selama Building Working Community In The Land of God.

Sedangkan evaluasi dari hasil pengamatan sepanjang kegiatan ada beberapa peserta yang mesti didekati lagi sebab masih labil, manja, main watak. Bisa jadi karena usia mereka yang belum dewasa. Mereka masih perlu banyak asam garam dalam menjalani hidup agar tidak begitu saja berharap semua keinginannya dapat terpenuhi atau tercapai pada setiap kondisi. Dunia itu keras perlu hati yang membaja. Anggota Pemuda yang masuk dalam golongan itu masih belum siap apabila suatu saat nanti mereka menghadapi sebuah kegagalan. Coaching and Conselling oleh sahabat kakak pelayan patut dilakukan demi kemajuan sikap mental mereka dalam menjalani kehidupan tanpa selalu bergantung kepada orang tua atau siapapun yang bisa jadi memanjakan mereka dengan pemenuhan setiap kebutuhannya tanpa mengajarkan dan mengingatkan bagaimana perjuangan orang tua memperoleh berkat itu. Mereka mesti sesekali diperhadapkan kepada sebuah situasi kegagalan akan sebuah pemenuhan. Tak selamanya langit itu cerah hujan dan panas akan datang silih berganti. Itu perlu ditanamkan dalam perkembangan diri mereka sehingga tak lagi cengeng dan bermental kerdil menghadapi sebuah persoalan atau situasi kesulitan hidup termasuk dalam pelayanan di Gereja secara umum dan khususnya pada pelayanan Gerakan Pemuda.

Selain itu bagi pengurus ada sebuah pekerjaan rumah lain yang mesti dikerjakan yakni bagaimana mengajak ”kembali” para anggota pemuda lain yang tadinya menjadi sasaran pelaksanaan kegiatan ini. Penyebab ketidakhadiran mereka mesti dicari tahu oleh Team Kerja dan pengurus. Langkah perangkulan sebaiknya dilakukan dengan bijaksana. Perlu dicarikan sebuah cara pendekatan lain sehingga mereka mau ”kembali” bergabung dalam komunitas Gerakan Pemuda lainnya bahkan apabila perlu dapat dieskalasikan kepada Ketua yang membidangi Pelayanan Kategorial untuk dicarikan jalan keluarnya.

Sebagai penutup ucapan syukur dan terima kasih patut disampaikan kepada Tuhan oleh karena Kasih dan AnugerahNya acara Building Working Community In The Land of God dapat berjalan baik adanya. Terima kasih buat Team Kerja dan Pengurus Wilayah Pelayanan Kategorial Gerakan Pemuda GPIB Pancaran Kasih Bajem Sinar Kasih yang telah mengusahakan yang terbaik bagi seluruh anggota Pemuda terlebih lagi bagi Tuhan. Jerih lelahmu pasti Tuhan perhitungkan bagi masa depanmu. Tuhan Memberkati kita semua amin.

Posted on 11/07/2011, in Pelayanan. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. chandra yan andrea

    Luar biasa, fantastis, istimewa.
    Hanya itu yang bisa saya utarakan dalam menggambarkan acara tersebut. Kerja keras kami sebagai team kerja tidak sia-sia. Kebersamaan para anggota GP sudah terjalin serta kerjasama juga sudah terbentuk selama acara proses acara tersebut. Walaupun masih ada beberapa peserta yang masih terlihat belum bisa bekerjasama, tapi kami yakin dan percaya, seiring berjalannya waktu masalah tersebut pasti akan teratasi berjalan dengan kedewasaan pribadi mereka. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab serta harapan kami semua agar kiranya tidak hanya dalam acara tersebut saja kami semua dipersatukan, tetapi ke depannya persaudaraan yang kami jalin antar sesama anggota GP bisa terus terjalin dan menghasilkan buah-buah manis dalam kehidupan kami semua. Inilah kami, utuslah kami ya Tuhan.

    Saya atas nama pribadi dan team kerja mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya buat om Katipana yang sudah mau kami repotin buat penyelenggaraan acara ini (jangan kapok ya om,hehe). Kiranya Tuhan Yesus selalu memberkati om dan keluarga.
    Terima kasih juga kami ucapkan untuk ka Nona selaku pelayan firman, majelis pendamping (om Laspin, ka Tuti), Bung Riki, para trainer, om psikolog, bung sepupunya om Katipana, petugas catering, petugas keamanan disana, serta semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang membantu jalannya acara ini. Tuhan memberkati kita semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: