Circle (27)

Tali dalam sebuah aktifitas Team Building atau Outbound memiliki peran besar. Keberadaannya sangat mempengaruhi berhasil atau tidaknya sebuah permainan team building dilakukan khususnya bagi games yang mengandalkan tali sebagai alat bantunya. Untuk Low Impact activities yang biasa dijalankan di ITCC Jatiluhur tali yang kerap dipergunakan adalah Tali Pramuka. Alasan utama kenapa lebih memilih tali pramuka dikarenakan jenis tali ini dalam penggunaannya tidak membahayakan pemakainya. Selain itu kelenturannya juga cukup membantu baik peserta maupun fasilitator saat games dimainkan. Salah satu games yang mengandalkan Tali ini adalah CIRCLE. Peserta yang dapat diikutkan dalam permainan ini sangat bergantung kepada CIRCLE yang dibuat oleh fasilitator. Khusus di ITCC Jatiluhur dibatasi maksimal 15 orang saja. Games ini dapat dimainkan di luar ruangan ataupun dalam ruangan. Serunya sama derajatnya. Jumlah CIRCLE atau lingkaran yang disiapkan tergantung fasilitator tetapi disarankan lebih dari satu lingkaran. Biar lebih seru paling pas dibuatkan 3 buah. Lingkaran 1 diameternya senantiasa lebih besar dari lingkaran 2 dan lingkaran 3. Begitupun dengan lingkaran 2 masih lebih besar jika dibandingkan lingkaran 3, paling kecil adalah lingkaran 3. Sesuai dengan namanya setiap kelompok pada permainan ini akan diminta untuk masuk kedalam lingkaran yang telah disiapkan oleh fasilitator. Aturan main yang tidak diperbolehkan untuk dilanggar peserta tidak diperkenankan berada di luar garis tepi lingkaran. Sebuah kelompok akan masuk ke dalam lingkaran pertama dengan waktu 1 menit. Fasilitator akan menghitung lama kelompok berdiri di dalam lingkaran tersebut. Setelah waktu 1 menit berlalu maka satu per satu anggota kelompok yang semula berkumpul dalam lingkaran 1 berpindah masuk ke lingkaran kedua yang nota bene. lebih kecil diameternya. Semua kelompok mesti berusaha agar setiap anggotanya dapat masuk kedalam lingkaran ini. Pada lingkaran kedua ini setiap kelompok sudah mesti memikirkan berbagai caranya. Puncak keseruan games ini terjadi saat kelompok masuk kedalam Lingkaran ketiga. Hal itu disebabkan oleh semakin sempitnya diameter lingkaran padahal jumlah anggota kelompok sama sekali tak dikurangi. Sah-sah saja apabila peserta saling menggendong peserta lainnya agar semua anggota tetap berada pada bagian dalam lingkaran.

Permainan ini akan berlangsung cukup cepat. Paling lama 5 menit saja. Untuk mengulur waktu maka pada awal permainan sebelum masuk ke lingkaran pertama fasilitator akan memberikan sebuah Puzzle yang mesti dipecahkan terlebih dahulu.

Makna dari permainan ini kerja sama. Ada pula pengorbanan yang mesti diberikan peserta yang mendapat kesempatan menggendong rekan satu teamnya. Disamping itu kepatuhan akan sebuah ketentuan juga sangat mempengaruhi berhasil atau tidaknya sebuah kelompok sebab mereka sama sekali harus mentaati peraturan permainan.
Agar lebih seru fasilitator biasanya akan memperdengarkan musik keras sebagai penyemangat setiap kelompok.

Segera hubungi Indosat Training. & Conference Center untuk kebutuhan permainan CIRCLE ini.

Iklan

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok, Ambon

Posted on 18/06/2011, in Jenis Games. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: