Inside Process Briefing

Dalam sebuah kegiatan outdoor berupa Team Building atau Outbound setidaknya seorang fasilitator mesti menjalankan tahapan-tahapan dalam Delivery sebuah permainan.

Tahapan dimaksud diantaranya :

1. Briefing

Pada proses Briefing ada sedikitnya 8 langkah yang perlu dijalankan yakni :

a. Informasikan ke peserta bahwa ini adalah tugas bukan games
b. Gunakan Story Telling sebagai pengantar tugas
c. Informasikan tujuan utama dari tugas tersebut bisa ke seluruh anggota kelompok atau perwakilannya atau kepada Ketua Kelompoknya.
d. Informasikan kepada peserta apa saja yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan oleh peserta serta sanksi-sanksinya apabila ada
e. Pastikan peserta tidak mencoba dan memegang-megang peralatan agar peserta fokus mendengarkan instruksi.
f. Konfirmasikan apakah ada hal-hal yang belum jelas
g. Beri kesempatan bertanya agar dalam tahap selanjutnya tidak ada lagi pertanyaan
h. Berikan pula waktu kepada peserta untuk mendiskusikan tugas tersebut dan melakukan perencanaan.

2. Planning

Pada tahapan kedua hal-hal yang perlu dikerjakan adalah :
a. Mengamati dan mencatat bagaimana kelompok melakukan proses rapat/diskusi sesuai dengan topik yang akan diungkap pada tugas tersebut.
b. Ingatkan batas waktu melakukan Planning

3. Doing

Ketika memasuki tahapan ketigas Doing beberapa hal perlu dilakukan antara lain :

a. Mengamati dan mencatat bagaimana kelompok melakukan proses tugas tersebut.
b. Amati perilaku setiap peserta dan ungkapan-ungkapan (komunikasi) dan interaksi yang terjadi di dalam kelompok.
c. Ingatkan batas waktu melakukan Planning

Tujuan dari pengamatan adalah untuk melihat cara pandang, pola pikir, sikap, motivasi, keterampilan-keterampilan yang muncul dan tidak muncal dalam penugasan sesuai dengan maksud tujuan dari topi bahasan yang nantinya akan diungkapkan.

4. Sharing & Discussion

Pada tahapan Sharing & Discussion fasilitator perlu melakukan hal-hal sebagai berikut :

a. Memberikan waktu kepada peserta untuk sharing dan berdiskusi internal kelompok tentang pengalaman yang baru saja dilakukan.
b. Meminta perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi internal tentang pengalaman yang baru saja dilakukan.
c. Jika peserta kurnag aktif, bantu dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan (terbuka-tertutup)
d. Tanyakan ke peserta “seandainya penugasan ini diulangi, apa saja hal-hal yang perlu dan akan diperbaiki atau ditingkatkan
e. Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan pembahasan pada topik utama yang akan disampaikan
f. Dengarkan

5. Debriefing & Application

Tahap terakhir dalam proses Delivery and Delighting adalah :

a. Berikan pujian yang tulus tentang hal-hal yang positif yang terjadi dari hasil pengamatan fasilitator dan pendapat para peserta.
b. Hindari Kritikan
c. Kaitkan hasil pengamatan fasilitator ditambah dengan beberapa pendapat peserta yang relevan dengan topik utama yang akan dibahas.
d. Tanyakan ke peserta apakah prinsip, cara, pola pikir, sikap, perilaku dan motivasi yang terjadi/muncil pada kegiatan yang dilakukan mungkin dapat pula terjadi atau digunakan di tempat kerja atau organisasi peserta berada.
e. Minta peserta menyebutkan contoh riil di tempat kerja atau organisasi dimana peserta berada
f. Simpulkan

Itulah tahapan-tahapan proses Briefing yang merupakan hasil dari Training for Outbound Trainers yang diadakan di Gunung Bunder 11-12 Desember 2009.

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 15/06/2011, in Jenis Games. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: