Menara Air (26)

Permainan yang akan diketik kali ini biasa kami sebut Menara Air. Games ini tepat dilakukan di luar ruangan dekat dengan sumber air. Apakah air itu diambil dari kolam atau langsung dari kran air tergantung lokasi permainan akan dilaksanakan. Alat bantu permainan ini adalah sebuah Ember bundar dengan diameter besar. Peserta yang dapat mengikuti games ini 12-15 orang. Untuk memulai permainan ini fasilitator dapat meminta peserta agar melepas sepatu masing-masing. Peserta kemudian diminta untuk tiduran diarea permainan dengan melingkar. Kedua kaki peserta mesti diangkat untuk menopang ember yang diletakkan persis ditengah-tengah lingkaran peserta. Fasilitator mesti melakukan pengechekan apakah semua peserta sudah benar menjalankan instruksi. Komposisi jumlah peserta yang akan membangun menara dan jumlah peserta yang akan mengisi air kedalam ember diserahkan pada masing-masing kelompok. Cara bermain games ini selanjutnya peserta yang sebelumnya sudah ditetapkan tidak tiduran akan mengisi ember dengan air tentunya menggunakan potensi yang ada pada diri peserta. Selanjutnya ember yang telah terisi mesti diangkat secara bersama oleh peserta menggunakan kedua kaki mereka sehingga posisi ember berada diatasnya. Pada waktu ember sudah stabil di posisi atas peserta tugas berikutnya adalah setiap peserta akan diminta untuk memakai sepatu mereka kembali dengan cara dan tehnik masing-masing. Satu syarat utamanya air yang di dalam ember itu tidak diperbolehkan tumpah sebab akan mengakibatkan Menara yang telah ditopang oleh kaki peserta akan tumbang. Apabila itu terjadi maka setiap kelompok akan diberikan kesempatan lain sepanjang waktu yang ditetapkan masih tersedia. Kelompok dapat melakukan reposisi untuk mencapai keberhasilan tugas yang diberikan. Pada games ini yang ingin diperhatikan adalah bagaimana peserta melakukan kegiatan atau tugas yang sudah diberikan. Intisari dari permainan ini kita ingin melihat bagaimana bentuk kerja sama yang akan dilaksanakan sebuah kelompok dalam rangka menyelesaikan tugas demi tercapainya kesuksesan sebuah kelompok. Melalui permainan ini peserta juga akan terlihat sejauh mana mereka dalam mempergunakan potensi diri. Fasilitator takkan memberikan tambahan alat bantu untuk proses pengisian ember dari sumber air. Sifat rela berkorban dari masing-masing peserta sangat dituntut dalam games ini agar Menara Air tidak jatuh menumpahkan air. Faktor komunikasi juga akan diperlukan pada waktu permainan sudah dimulai. Siapa saja peserta yang mesti lebih dahulu memakai sepatu dan siapa pula yang akan memakainya terakhir. Bahu membahu mereka mesti melakukannya agar Menara Air benar-benar tetap berdiri kokoh ditopang oleh kedua kaki peserta.

Permainan dianggap selesai apabila semua peserta sudah dapat memakai sepatu mereka masing-masing dengan benar. Pengorbanan untuk siap berbasah-basahan akan menentukan kemenangan sebuah kelompok.

Agar kenyamanan peserta juga dapat ditimbulkan melalui games ini maka sebelum permainan dimulai fasilitator dapat melakukan pemilihan lokasi games. Area games selain mesti dekat sumber air juga diharapkan tidak dipenuhi oleh kerikil atau batu atau benda apapun berada di lingkungan permainan.

Namanya juga Permainan Air basah adalah sebuah hal yang tak dapat dihindari. Kita akan melihat bagaimana peserta melakukan kerja sama demi satu tujuan.

Mari mencoba games ini di Indosat Training & Conference Center Jatiluhur Purwakarta.

Iklan

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok, Ambon

Posted on 13/06/2011, in Jenis Games. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: