Melipat Kertas (25)

Ini adalah sebuah permainan yang sederhana. Meskipun sederhana tapi sarat akan nilai-nilai kepatuhan dan kepemimpinan. Hikmat syukur juga dapat dirasakan oleh peserta. Tak perlu banyak alat bantu yang mahal. Salah satunya cukup dengan menggunakan Kertas ukuran A4. Alat lain yang dipergunakan adalah beberapa potong kain seukuran sapu tangan kecil. Atau bila tak ada kain pun sapu tangan bisa saja dipakai. Permainan kali ini biasa dinamakan Melipat Kertas. Games ini dapat dilakukan di dalam atau luar ruangan. Cara bermainnya peserta dalam satu kelompok sebanyak 12-15 orang. Minta mereka menunjuk salah seorang anggota kelompok untuk menjadi seorang pemimpin. Peran pemimpin dalam permainan ini untuk memberikan instruksi kepada peserta. Sebelum games melipat kertas dimulai fasilitator akan memberikan arahan bagi pemimpin bagaimana ia mesti memulai dan membimbing permainan dari awal hingga akhir. Fasilitator memberi tahukan langkah-langkah yang mesti disampaikan kepada peserta sehingga dapat membentuk sebuah bangun. Termasuk akan diinformasikan aturan permainan yang mesti ditaati setiap peserta. Sedangkan tugas dari anggota kelompok yang bermain mereka hanya diminta mengikuti setiap petunjuk yang diberikan. Apabila semua telah jelas maka permainan pun dapat segera dimulai. Mintalah kelompok membentuk lingkaran. Berikanlah kain yang disiapkan kepada pemimpin untuk diserahkan kepada seluruh peserta. Serahkan pula beberapa lembar kertas A4 yang jumlahnya disesuaikan peserta kepada pemimpin. Selanjutnya pemimpin kelompok dapat memulai permainan. Untuk menambah tensi permainan mintalah pemimpin mengajak anggota kelompoknya untuk berdoa terlebih dahulu.

Langkah pertama pemimpin meminta peserta menutup kedua mata dengan kain yang telah diterima. Pastikan semua peserta telah menggunakan kain sebagai penutup. Bila perlu cek satu per satu. Tahapan kedua dia mesti menyerahkan kertas A4 kepada peserta. Berikutnya setiap peserta diminta untuk mengikuti arahan yang diberikan oleh pemimpinnya. Kertas yang sudah dipegang oleh peserta akan dijadikan sebuah bentuk bangun dengan arahan pemimpin. Pemimpin akan memberikan petunjuk apa saja yang mesti di lakukan oleh peserta. Tak boleh ada kontak fisik antara pemimpin dengan peserta. Pemimpin hanya boleh mengarahkan anggota kelompoknya dengan bahasa lisan. Setelah langkah-langkah yang mesti dilakukan peserta untuk membuat sebuah bentuk sebuah bangun selesai maka pemimpin akan meminta peserta untuk membuka penutup matanya. Minta peserta mengangkat kertas yang dipegang dengan kedua tangan diatas kepalanya. Pemimpin akan mengecek hasil karya peserta apakah bentuk bangun yang dibuat telah sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Apabila belum semua peserta menghasilkan bentuk gambar yang sama maka fasilitator dapat mengajak peserta mengulang permainan ini. Pengulangan ini akan menambah bahan saat proses debriefing diakhir permainan.

Melalui permainan ini peserta akan dapat merasakan betapa sulitnya bila tidak memiliki penglihatan normal. Peserta diajarkan untuk bersyukur memiliki panca indera yang sempurna. Peserta juga dapat memahami betapa pentingnya memiliki rasa patuh terhadap petunjuk dari seorang pemimpin. Selain itu peserta dapat mengambil peran bagaimana menjadi seorang pemimpin.

Itulah permainan Melipat Kertas yang tersedia juga di Indosat Training and Conference Center Jatiluhur Purwakarta.

Iklan

Posted on 10/06/2011, in Jenis Games. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: