Buldozer Race (20)

Permainan yang satu ini cocok untuk kegiatan seru-seruan. Games ini disebut Buldozer bukan dikarenakan bentuknya mirip dengan Buldozer. Akan tetapi lebih tepatnya serupa bangun dengan Roda Buldozer yang besar dan bergerigi. Khusus di ITCC satu roda Buldozer bisa dimainkan 5 orang sekaligus untuk satu kelompok. Mungkin di Lokasi outbound lain dapat dimainkan lebih dari 5 tergantung berapa besar diameter alat Buldozernya. Cara bermain Buldozer race tidak terlampau sulit namun dibutuhkan fisik yang prima. Tak hanya itu tiap kelompok memerlukan pula kesamaan saat melangkah. Kelima orang yang sudah ditunjuk oleh kelompoknya akan bersaing dengan 5 orang lain dari kelompok yang berbeda. Masing-masing anggota kelompok mesti berada pada sisi bagian dalam roda Buldozer yang akan dimainkan. Posisi mereka membentuk barisan berdiri secara berbanjar. Setelah itu mereka harus menjalankan Buldozer seperti sebuah Roda. Inilah faktor tersulit games ini dimana kelima peserta harus mampu menggelindingkan alat itu dengan menggunakan kedua buah telapak tangan yang digerakkan dibagian atas roda kearah depan. Gerakan kedua tangan mesti diselaras kan dengan langkah kaki masing-masing anggota kelompok. Bila tidak berjalan dengan tepat atau bergantian antara kaki dan tangan akibatnya peserta akan terjatuh dan tak dapat melanjutkan lomba. Sebelum permainan dimulai ada baiknya masing-masing kelompok diminta untuk pemanasan terlebih dahulu. Mereka diberikan kesempatan untuk mencoba memainkannya sejenak guna membiasakan diri. Begitupun jarak antara garis start dengan finish diharapkan tidak terlalu jauh dan tidak pula dekat. Semua dilihat dari situasi tempat atau lokasi dan keadaan fisik peserta. Agar permainan berjalan baik dan enak disaksikan maka fasilitator dapat membuat garis batas lomba seperti lintasan atletik supaya roda Buldozer arahnya tidak melenceng kekanan atau kekiri. Keluar arena permainan.

Permainan ini sarat dengan nilai-nilai Kerja sama yang kuat. Bagaimana hal itu akan sangat terekam dengan jelas ketika peserta yang tidak kompak akan mengalami kekalahan. Kelompok yang tidak berjalan dengan keselarasan dan keseimbangan dengan mudah tidak dapat melanjutkan games. Disamping itu arahan dari seorang pemimpin akan sangat membantu peserta manakala mereka sedang melakukan permainan ini. Satu suara atau satu komando istilahnya. Keberadaan fungsi itu juga diperlukan sekali. Agar lebih seru dan bila memungkinkan, permainan dapat dikompetisikan sehingga semua peserta dapat merasakan permainan ini. Tiap kelompok diijinkan menampilkan lebih dari 1 tim jika satu tim terdiri dari 12 orang maka dapat dibentuk 2 tim dengan seorang pemimpin pada masing-masing tim. Setiap kelompok pemenang akan diadu dengan kelompok yang menang pada leg lainnya sehingga nantinya mempertemukan 2 tim terbaik di babak final atau penentuan. Ada baiknya sebelum permainan dimulai fasilitator menghimbau peserta yang memakai kacamata untuk dilepas termasuk perhiasan lain yang mudah terlepas atau jatuh. Selain itu perlengkapan P3K agar disiapkan sebab bisa saja terdapat peserta yang terjatuh pada waktu bermain membutuhkan pengobatan pertama.

Buldozer Race akan sangat seru sekali jika benar-benar dimainkan dalam sebuah kegiatan Team Building. Suasana kompetisi yang meriah akan dirasakan oleh semua peserta. Ingin mencoba ? Ayo datang ke Jatiluhur

Iklan

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok, Ambon

Posted on 04/06/2011, in Jenis Games. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: