Log Line (10)

Setiap aktifitas Team Building yang diselenggarakan di Indosat Training & Conference Center Jatiluhur fasilitator senantiasa memanfaatkan setiap potensi yang dimiliki. Beberapa peralatan games terpasang telah dimiliki ITCC adalah High Ropes yang terdiri dari: Jaring Pendarat, Elvis, Two Line Bridge dan Flying Fox. Selain itu ada juga beberapa permainan lain yang sudah terpasang sejak lama dimana satu diantaranya akan dikupas pada ketikan kali ini. Di dekat lokasi Trust Fall terdapat 3 buah games Log Line.

Log Line yang terbuat dari beton ini dapat dimainkan oleh 12 orang peserta. Tak ada perlengkapan lain dipergunakan dalam games ini. Log Line khas Jatiluhur agak berbeda dengan tempat lain. Kalau di lokasi outbound lain Log Line terbuat benar-benar dari kayu. Panjang dan diameter Log Line tak memiliki standard semua disesuaikan dengan jumlah peserta yang akan memainkannya. Tinggi Log dari tanah juga tak memiliki patokan resmi yang pasti karena nama Gamesnya Log sebaiknya bentuknya juga seperti Log kayu gelondongan. Melihat bahan baku permainan dari kayu atau beton maka ada baiknya permainan ini hanya untuk outdoor saja. Selain itu juga aman bila dimainkan diatas tanah atau rumput sehingga kalau ada peserta yang terjatuh tidak terlalu membahayakan.

Cara bermain games Log Line adalah seorang peserta yang ditunjuk menjadi pemimpin akan meminta peserta untuk berganti posisi saat berbaris diatas log line yang disediakan. Perpindahan anggota kelompok berdasarkan instruksi yang diberikan . Sebagai contoh misalnya pemimpin akan memberikan instruksi berbaris berdasarkan ukuran sepatu. Maka setiap peserta akan saling mengutarakan nomor sepatu masing-masing baru kemudian akan diatur dengan cara berpindah dari posisi semula menyesuaikan dengan lainnya. Tinggi Log Line dari tanah sekitar 50 cm saja. Kepiawaian fasilitator atau pemimpin dalam menyampaikan instruksi jelas sangat dibutuhkan sekali. Dalam permainan ini batasan waktu perlu diberikan agar peserta mampu mengetahui untuk melakukan sebuah instruksi kira-kira berapa banyak yang dapat diselesaikan dengan benar.

Insight dari permainan ini adalah bagaimana dapat dirasakan peserta bahwa untuk melakukan sebuah kegiatan selain dibutuhkan kerja sama juga dibutuhkan pengorbanan tulus. Kreatifitas pemimpin dalam games ini sangat tinggi untuk menetapkan instruksi apa saja yang mesti diutarakan. Sebagai tantangan dapat saja setiap peserta diminta untuk membawa barang padat yang ringan namun mudah pecah atau bocor sehingga peserta akan dapat merasakan bahwa di saat melakukan tugas tanggung jawab perlu ketelitian dan kehatihati-hatian.

Mari kita bermain, ITCC siap menghadirkan keceriaan saat bermain Log Line yang pastinya akan mengasikan melihat perilaku peserta yang sedang bermain.

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 26/05/2011, in Jenis Games. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: