Electric Maze (9)

Pernahkah anda memainkan sebuah permainan yang tersedia di Komputer namanya Mine Sweaper. Kira-kira permainan berikut yang akan dipungkas habis serupa dengan games tersebut. Perbedaannya adalah media yang digunakan. Jika Mine Sweaper yang dibutuhkan adalah seperangkat komputer lengkap dengan keyboard maka pada games Electric Maze diperlukan media bisa dari tali yang diikatkan menjadi susunan bujur sangkar yang terdiri dari beberapa baris vertikal dan horizontal. Apabila tak ada tali tak usah repot gunakan saja ubin yang tersedia diruangan. Langkah selanjutnya fasilitator tinggal membuat satu atau dua peta yang isinya kotak mana saja yang dapat dilalui oleh peserta. Tanda-tanda khusus dapat dibuat semisal dengan memberikan tanda lingkaran pada kotak yang aman dan tanda silang di dalam kotak larangan. Cara bermain Electric Maze peserta mesti dikumpulkan dalam barisan berbanjar. Tunjuklah salah seorang peserta sebagai pemimpin yang akan mengarahkan tiap peserta yang memperoleh giliran untuk bermain. Pemimpin akan tetap diam tidak mengeluarkan kode tertentu apabila peserta menginjakkan kaki dalam kotak aman. Lain hal bila peserta ternyata masuk ke dalam kotak yang bertanda silang pada arena permainan. Pemimpin akan meneriakkan BOOM bila didapati peserta masuk pada kotak dengan tanda silang. Peserta tersebut mesti keluar arena permainan dan digantikan peserta lain yang sebelumnya berdiri dibelakangnya. Permainan akan berakhir jika salah seorang peserta dapat memasuki kotak terakhir tanpa keliru masuk ke kotak silang. Pemimpin dan peserta tidak dibenarkan saling komunikasi baik oral ataupun bahasa tubuh lainnya. Apabila itu terjadi maka peserta didiskualifikasi dan diganti oleh peserta urutan berikutnya. Tugas pemimpin hanya diam pada saat peserta masuk dalam kotak yang benar dan ia akan meneriakkan BOOM bila peserta salah kamar atau kotak yang dimasuki bertanda silang.

Apa yang dapat diperoleh dalam permainan ini yang paling utama adalah Daya Ingat. Peserta mesti memiliki kemampuan mengingat yang kuat agar dapat terus melanjutkan permainan. Peserta juga dapat mengambil pelajaran bahwa kesalahan tidak boleh terjadi lebih dari satu kali. Melalui permainan ini semua peserta juga akan merasakan bagaimana sebuah kesalahan akan berdampak tak hanya pada pribadi namun juga kepada kelompoknya. Sebagai seorang pemimpin juga dituntut untuk jujur dalam mengarahkan anggota teamnya. Electric Maze dapat dimainkan tak hanya di dalam ruangan namun juga di luar ruangan. Permainan ini dapat dimainkan oleh 12-15 orang sesuai dengan jumlah kelompok yang dibentuk.

Ayo mainkan Mine Sweaper pada medan sesungguhnya melalui games Electric Maze yang tersedia di Indosat Training Centre Jatiluhur.

Iklan

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok, Ambon

Posted on 25/05/2011, in Jenis Games. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: