Tembok China (3)

Indosat Training & Conference Center berlokasi di Jalan Lurah Kawi Jatiluhur. Lokasinya tak jauh dari Waduk Ir. H. Djuanda atau lebih dikenal dengan nama Waduk Jatiluhur. Perjalanan menuju ITCC jika dari arah Jakarta maka disarankan keluar dari Pintu Tol Jatiluhur pada KM 84 Tol Cipularang. Waktu tempuh dari Jakarta paling lama 2 jam. Sekeluarnya kendaraan dari pintu tol masih dibutuhkan kurang lebih 6 kilo lagi untuk mencapai lokasi ITCC yang berdekatan dengan Stasiun Bumi milik Indosat. Itu sekedar informasi mengenai lokasi yang biasa dipakai untuk melakukan Team Building, Gathering, Fun Games dan kegiatan lainnya. Satu hal yang terpenting Training Center ini juga terbuka bagi umum sepanjang masih ada keterkaitan dengan proses pembelajaran dengan segala bentuk yang dusampaikan diatas.

Apa yang disampaikan alinea sebelumnya adalah pengantar. Ada baiknya langsung saja kita kepada pokok ketikan kali ini. Tulisan ketiga ini akan memaparkan sebuah permainan yang awalnya dinamakan Tembok Berlin. Namun karena tembok tersebut sudah jebol maka fasilitator di ITCC merubahnya dengan sebutan Tembok China.

Namanya juga tembok maka Tembok China merupakan sebuah rintangan yang disiapkan oleh fasilitator. Rintangan itu berupa terpal yang dibentangkan sehingga memisahkan satu sisi dengan sisi lainnya. Tugas peserta adalah bagaimana mereka dengan anggota kelompoknya mesti berpindah tempat ke sisi lain yang telah dipisah oleh terpal yang terbentang. Alat bantu yang diberikan oleh fasilitator untuk melewati rintangan ini disiapkan sebuah tangga yang tak terlampau berat jika diangkat. Seluruh anggota kelompok mesti pindah ke area seberang. Potensi diri yang dimiliki peserta mesti berpindah. Games Tembok China dapat dimainkan oleh 12-15 orang peserta guna presisi pembahasan insight permainan itu sendiri..

Cara bermainnya sederhana. Adalah setiap personil dalam Kelompok mesti berpindah dari satu sisi menuju kepada sisi barunya. Mereka dapat saling menggendong baru kemudian melewati bentangan terpal. Kelihatannya mudah namun perlu kehati-hatian dan konsentrasi. Seperti disampaikan tadi bahwa Fasilitator memberikan alat bantu dalam permainan ini sebuah tangga. Tangga terbuat dari apa saja yang penting kuat saat terkena pijakan mesti digunakan dalam permainan ini. Bahan baku tangga disarankan dari kayu atau bambu saja. Permainan dianggap selesai saat semua peserta telah berhasil menyeberang melalui bentangan yang diumpamakan sebagai tembok.

Insight dari permainan ini diantaranya adalah kerja sama. Bagaimana peserta harus mampu melakukan itu demi terseberangnya seluruh anggota kelompoknya. Pengorbanan diri juga akan sangat dibutuhkan dari masing-masing peserta. Anggota kelompok mesti rela dirinya terkadang dijadikan pijakan rekan lainnya. Hal ketiga disini juga akan memunculkan sebuah pemikiran yang dibutuhkan dalam rangka mencari cara atau tehnik penyeberangan dalam arti kata lainya problem solving. Akan muncul saat bermain seorang yang memiliki peran layaknya seorang pemimpin sehingga unsur kepemimpinan juga hadir dalam games ini. Rasa kepercayaan juga sisi lain yang dapat dimunculkan untuk dibahas dalam permainan Tembok Berlin.

Faktor keamanan dalam bermain sangat ditekankan kepada tiap-tiap anggota kelompok. Kelengahan sedikit saja bisa membuat peserta terjatuh dari tempat yang cukup tinggi.

Bagaimana ? Ingin mencoba tantangan kali ini ? Mari kunjungi Indosat Training & Conference Center Jatiluhur untuk merasakan adrenalin bergejolak dalam tubuh. Sing this song….sing it !

Jatiluhur tak akan kulupa
Tempat kita belajar bersama
Siang malam selalu ditempa
Tuk menjadi manusia berjaya

Posted on 12/05/2011, in Jenis Games. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: