Pindah Kapal (1)

Saya akan mencoba menuangkan beberapa jenis permainan yang kerap dimainkan di Indosat Training & Conference Center Jatiluhur (ITCC Jatiluhur). Bisa jadi dalam penamaan akan terdapat kesamaan namun dapat pula terdapat perbedaan akan tetapi prinsip bermain serupa.

Untuk kali pertama permainan yang akan di ketik adalah Pindah Kapal.

Permainan ini hanya dapat dimainkan secara kelompok dan diluar ruangan atau outdoor. Setiap kelompok paling ideal setidaknya berjumlah 12 orang saja. Tentunya angka itu bisa ditetapkan pada kondisi normal. Lain halnya bila pesertanya memiliki ukuran tubuh tidak proporsional. Apabila melebihi, maka satu atau dua orang peserta tersebut dapat dijadikan sebagai pemberi instruksi bagi anggota kelompok lainnya yang sedang bermain.

Permainan Pindah Kapal ala ITCC Jatiluhur membutuhkan 2 buah kubus. Dalam memainkan games ini, setiap kelompok akan diberikan 3 buah alat bantu berupa papan berukuran panjang masing-masing kurang lebih 100-150 cm. Semua bahan baku kubus dari kayu jati sehingga kuat dan kokoh.

Prinsip utama permainan ini adalah bagaimana kita melihat Kerja sama setiap individu dalam sebuah kelompok. Untuk menyelesaikan games ini sebuah kelompok mesti menggunakan 3 buah alat bantu. Ketiga papan yang disediakan dipergunakan untuk memindahkan individu dalam kelompok ke seberang atau titik lainnya yang sudah ditentukan. Fasilitator akan memberikan sebuah tanda berupa garis di titik awal dan akhir dengan tali rapia atau yang lainnya.

Aturan permainan, setiap peserta mesti menggunakan alat bantu untuk memulai menaiki kubus pertama. Peserta dilarang berpindah menuju kubus kedua sebelum seluruh anggota kelompok berdiri atau meninjakkan kaki berada di kubus pertama. Seusai kubus pertama terisi maka setiap anggota kelompok yang telah berada di kubus pertama dapat melanjutkan permainan menuju kubus kedua dengan menggunakan alat bantu yang tersedia. Hingga turun kembali ke titik akhir yang sudah ditentukan peserta dalam kelompoknya tetap harus menggunakan alat bantu.

Larangan dalam permainan ini adalah Peserta atau Papan sama sekali tidak boleh menyentuh tanah apalagi terjatuh. Apabila terjadi maka permainan mesti diulang dari titik awal.

Kedua, larangan yang mesti disampaikan ke peserta adalah mereka tidak diperkenankan untuk melompat apalagi meloncat dalam permainan ini.

Faktor keselamatan dalam permainan ini juga memegang peranan penting untuk disampaikan kepada peserta. Meskipun tidak terlampau tinggi namun resiko terjatuh, terjepit papan cukup tinggi apabila konsentrasi peserta pecah dalam memainkan games ini.

Sementara itu apa saja sih makna dari permainan Pindah Kapal. Pertama instisarinya adalah bagaimana setiap individu mampu melakukan kerja sama dalam sebuah kelompok. Kedua bagaimana tiap kelompok dapat menyusun strategi dalam menterjemahkan instruksi fasilitator. Dibutuhkan kejelian peserta terutama dalam menetapkan siapa-siapa saja anggota kelompok yang mesti naik atau melangkah bahkan turun terlebih dahulu. Insight ketiga tentunya ada unsur kepemimpinan dimana salah seorang dari peserta yang ditunjuk mesti dapat memimpin kelompoknya untuk menetapkan serta mengendalikan anggota kelompoknya. Tak ketinggalan unsur keempat yang dapat dibahas adalah mengenai target waktu penyelesaian. Sebelum bermain fasilitator dapat memberikan tantangan kepada kelompok berupa waktu penyelesaian yang pernah dicapai sebelum-sebelumnya. Selanjutnya peserta akan ditantang apakah mampu menyelesaikan permainan dibawah waktu yang disebutkan.

Bagi fasilitator seyogianya mampu memperhatikan perilaku peserta ketika bermain. Tujuannya adalah untuk dibahas pada akhir permainan tidak hanya persoalan apakah mereka gagal atau berhasil. Bagaimana kelompok itu memproses kesulitan yang dijumpai ketika bermain. Kita dapat melihat sebuah kelompok melakukan penyusunan strategi, kepemimpinan dan kerja sama serta target dapat menjadi bahan untuk didiskusikan mendalam. Individu-individu yang menonjol dalam berbagai peran bisa didiskusikan usai bermain. Sebuah kelompok diberikan waktu maksimal 30 menit untuk menyelesaikan permainan ini. Itulah Pindah Kapal. Bagaimana ? Tertarik ?.

Pepatah mengatakan coba dulu baru beli rasanya pas dalam ketikan ini. Jika hanya membaca tulisan ini serasa sayur tanpa garam. Untuk itu apabila ingin mencoba segera saja menghubungi bagian pemasaran Indosat Training & Conference Center Jatiluhur melalui email ke marketingitcc@indosat.com termasuk melalui blog ini.

Selamat Mencoba !

Posted on 11/05/2011, in Jenis Games. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Bagus blognya sob.
    Postingannya juga bermanfaat.
    Terus berkarya ya, berbagi itu Indah🙂

    Ditunggu kunjungan baliknya ya sob, jangan lupa tinggalin jejak di postingan saya ya.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: