The Meuse (2)

Tak kenal maka tak sayang, rasanya pepatah ini punya kekuatan magis ampuh. Maknanya sungguh nyata untuk kehidupan sehari-hari. Kali ini saya mengawali ketikan mengenai Jenis Permainan Team Building dengan pepatah diatas bukan tanpa maksud. Permainan yang akan diketik kali ini ada keterkaitannya dengan hal itu. Permainan kedua ini dikalangan fasilitator ITCC Jatiluhur biasa dinamakan The Meuse atau Sungai Lahar.

Games Sungai Lahar dapat dimainkan oleh 12-14 orang. Melalui permainan ini peserta diperkenalkan dengan sebuah situasi dimana 6 buah krat bekas minuman botol diatur sedemikian rupa menjadi suatu jalur yang mesti dilalui. Ibarat sebuah batu besar, krat yang disusun dari garis start ke finish adalah sebuah wadah untuk pijakan peserta menyeberang sebuah Sungai sehingga jenis permainan ini disebut Sungai Lahar. Krat atau apapun bentuk yang disusun sedemikian rupa secara terpisah harus mampu dijadikan sebuah media bagi peserta untuk memindahkan anggota kelompok ke seberang yang lebih aman. Fasilitator akan memberikan 3 buah alat bantu berupa Balok. Ketiga balok itulah yang mesti dimanfaatkan agar peserta dalam kelompoknya dapat secara bersama pindah dari sebuah titik yang boleh saja disebut garis awal menuju ke titik finish.

Krat yang merupakan pijakan itu mesti dilalui meskipun tidak perlu keenamnya dijalani. Balok yang disediakan akan membantu peserta melakukan perpindahan. Awalnya memang terlihat mudah dalam menyelesaikannya namun sebenarnya masih ada tahapan krusial sebelum mencapai titik akhir. Ada 2 hal strategis yang mesti dipecahkan oleh peserta bersama kelompoknya. Itu terjadi pada fase keempat menjelang garis akhir. Perlu pemikiran khusus dengan cara Think Out of The Box. Dalam the meuse tidak ada ketentuan seperti dalam permainan pindah kapal dimana peserta mesti berdiri dalam sebuah titik atau krat baru kemudian berpindah ke krat lain. Jadi bisa saja dalam beberapa kesempatan peserta terburu nafsu menurunkan anggota kelompok di garis akhir.

Serupa dengan permainan Pindah Kapal, peserta tidak diperkenankan melompat atau meloncat apalagi tanpa mempergunakan alat bantu sewaktu melakukan pergerakan. Komunikasi antar peserta dalam kelompoknya mesti ditonjolkan dalam games ini. Oleh karena itu seperti kalimat pembuka diatas saya menyampaikan tak kenal maka tak sayang. Agar sukses dalam penyelesaian permainan ini Komunikasi berperan sekali.

Permainan mesti diulang bila salah seorang atau balok yang diusung terjatuh menyentuh tanah.

Melakukan cara ekstrim seperti menahan balok saat seorang anggota kelompok berdiri di atasnya sangat tidak disarankan sama sekali.

Faktor keselamatan tentu saja perlu juga menjadi perhatian. Jangan sampai anggota kelompok terkena benturan balok atau terjatuh dari krat.

Makna dari permainan Sungai Lahar yang dapat dipetik adalah menyadarkan peserta akan pentingnya Komunikasi. Strategi dalam memindahkan balok dan anggota kelompok ke titik krat yang tersedia juga dapat dibahas seusai mereka melakukannya. Fasilitator dapat melihat bagaimana peserta menjalaninya. Selain dua hal diatas tentunya ada kerja sama yang mesti ditonjolkan. Dan pada saat menjelang akhir permainan kepiawaian peserta dalam memecahkan masalah atau problem solving akan terlihat dan mesti dibahas dalam debrief akhir permainan. Inside diatas akan lebih bermanfaat apabila dikaitkan dengan kepada siapa team building diberikan. Keseluruhan permainan akan sukses bila konsentrasi kelompok terjaga manakala sedang bermain.

Fasilitator memiliki peran dengan menunjukkan fakta dan apa yang dilakukan setiap peserta ketika mereka bermain. Itu sangat membantu dalam mengantar peserta menerima apa inside yang diperoleh sewaktu bermain.

Apabila tertarik untuk mencoba permainan ini silahkan hubungi marketingitcc@indosat.com atau melalui blog ini.

Iklan

Posted on 11/05/2011, in Jenis Games. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: