Petuah-Petuah Wirausaha

Sepanjang hidup kita hingga menjadi besar seperti ini tak terhingga telah berapa banyak kita mendengarkan nasehat dari beberapa orang. Tak sedikit nasehat itu seringkali menjadi pedoman bagi hidup kita. Nasihat orang tua bisa jadi mempengaruhi kehidupan sehari-hari namun kerap kita menerima pula nasehat atau petuah dari orang terdekat kita dan tidak sedikit juga dari seseorang yang memiliki pengalaman lebih daripada kita. Semua itu kita butuhkan Kenapa demikian ? Sebab terkadang tidak cukup bagi kita hanya mengandalkan kebisaan diri sendiri. Nasehat atau petuah dari orang tua, orang yang lebih berpengalaman sangat dibutuhkan bagi kita.

Jika sebelumnya dalam blog ini telah diketik mengenai Jurus Jurus Bisnis tak salah bila kini sama-sama mencoba memahami Petuah-Petuah Bisnis. Petuah ini merupakan hasil perenungan perjalanan 30 tahun berbisnis praktis, percakapan dengan peserta pelatihan dan modifikasi literatur yang dialami oleh salah seorang pendiri sebuah lembaga Pelatihan yang bergerak dalam bidang Pelatihan Kewirausahaan.

Petuah yang disampaikan ada 5 yakni :

1. Orang Arif Bisa Sukses Besar

Bekerja dengan kepandaian pasti kita meraih kesuksesan. Bekerja dengan bijak tentu akan lebih sukses lagi. Bekerja dengan arif akan membuat kita sukses besar.

Orang pandai kalau disuruh menangkap ikan dipastikan ikannya akan tertangkap dengan cara dan kemampuan yang dimilikinya. Orang bijak mampu menangkap ikan tetapi airnya tidak keruh. Sedangkan orang arif mampu membuat ikan-ikannya datang ke perangkap buatannya. Contoh ini menggambarkan untuk menjadi pandai orang harus belajar. Untuk menjadi bijak orang harus mampu mengendalikan emosi dan untuk menjadi arif selain pandai dan bijak orang harus komunikatif dan berpikiran bersih.

2. Otak Kita Bagaikan Parasut Yang Akan Berfungsi ketika Terbuka

Parasut atau payung terjun berfungsi ketika terbuka. Oleh karena itu buka pikiran kita dengan banyak belajar mengetahui bagaimana cara dan jalan menjadi kaya. Membiasakan diri kita untuk belajar bertanya, melihat, mendengar sehingga otak kita akan menjadi terbuka. Apabila pikiran telah terbuka maka jalan menjadi sukses akan semakin terbuka lebar.

3. Pengalaman Adalah Investasi dan Guru

Pengalaman adalah guru yang berharga sekaligus investasi bagi kita. Terkadang untuk memperoleh pengalaman harus diperoleh dengan harga yang tinggi. Ingat kegagalan dalam mengelola bisnis harus dijadikan modal kembali untuk membuat bisnis yang lebih baik tentunya dengan cara mengingat pengalaman sendiri dilanjutkan dengan memperhatikan pengalaman orang lain.

4. Mencapai Target 100 % Itu Mudah

Jangan pernah berkata mencapai 100 % itu sulit. Ubahlah pikiran itu dengan mengatakan mencapai target 100 % itu mudah. Bila kita mengatakan sulit maka otak bawah sadar akan merekamnya dengan sesuatu yang sulit. Namun apabila kita mengatakan mudah maka otak bawah sadar akan menjalankan apa yang kita katakan mudah.
Salah satu cara adalah dengan meneriakkan di depan cermin setiap hari target 100 % yang kita inginkan maka target tersebut akan tercapai dengan mudah sebab secara psikologis pikiran dan gerakan kita akan menuju ke arah yang lebih mudah.

5. Keyakinan Adalah Modal Paling Berharga

Keyakinan yang bulat dan positif adalah modal yang sangat berharga karena hal ini mampu menembus halangan betapapun besarnya.

Apabila kita memiliki keyakinan membuat restoran itu realistis dan benar maka kita telah memiliki keyakinan untuk merealisasikannya.

Jika kita memiliki keyakinan maka akan menemukan jalan yang tidak terduga-duga. Cara meningkatkan keyakinan itu adalah dengan cara melaksanakan sesuatu dimulai dari hal-hal kecil dan mudah dilaksanakan. Bila sudah berhasil ditingkatkan sedikit demi sedikit, diperbesar skalanya demikian seterusnya.

Keberhasilan pada awal akan meningkatkan keyakinan pada tahap berikutnya.

Sumber : Bulletin Inspirasi Edisi 1 2010 Halaman 4 by Djanalis Djanaid

Iklan

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok, Ambon

Posted on 01/03/2011, in Umum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: