Jurus-Jurus Wirausaha

Hari Rabu-Jumat /23-25 Februari lalu saya berkesempatan untuk mengikuti Pelatihan Entrepreneur Spirit Development di salah satu Hotel di Bandung.

Pelatihan itu sangat bermanfaat sekali bagi siapapun yang akan menginjakkan kakinya ke dalam dunia kewirausahaan. Melalui pelatihan ini setiap peserta seolah dibangkitkan semangat kewirausahaannya. Dan memang pancen oye. Semangat berwirausaha tumbuh melalui hati dan pikiran saya sendiri. Layaknya seorang Jacky Chan alias Chen Lung pada film. Drunken Master, ia rela mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum melawan penjahat. Dia membekali dirinya dengan berlatih Jurus Dewa mabuk. Seperti halnya dalam berusaha kita juga mesti melakukan persiapan penting untuk menunjang hal tersebut.
Guna memulai kewirausahaan itu, adalah baik buat kita untuk mengetahui beberapa jurus atau tips Bisnis sehingga sukses ketika akan melakukan usaha.

Berikut disampaikan Jurus-Jurus Bisnis yang ditulis oleh Alex S. Nitisemito dalam tabloid Inspirasi edisi perdana yang diterbitkan oleh Indopurel sebuah perusahaan yang bergerak dalam kewirausahaan.

Menurut Alex S Nitisemito, ilmu kewirausahaan hampir sama dengan ekonomi perusahaan. Akan tetapi melaksanakan ekonomi perusahaan dengan pendekatan ilmiah sudah barang tentu akan sulit dipahami oleh orang awam. Sebuah cara untuk mengenalkan prinsip-prinsip wirausaha yang populer adalah dengan menggunakan perilaku alam diantaranya :

1. Jurus Zebra

Konon pada zaman dahulu kala alat angkut yang paling tua adalah keledai. Keledai sangat bangga karena dialah yang paling tua atau lebih dahulu. Kemudian datanglah kuda dimana sang kuda juga memiliki kebanggaan tersendiri. Meskipun bukan alat angkut pertama namun dia tetap bangga karena dialah yang terkuat.

Selanjutnya datanglah ebra, walaupun ia bukan yang pertama atau yang terkuat, Zebra tetap memiliki kebanggaan. Apa ? Ia berani tampil beda karena memiliki garis-garis pada tubuhnya. Nah ungkapan ini dapat diilmiahkan dengan istilah ”Different alias Tampil Beda”.

Aplikasi jurus Zebra dalam menjalankan bisnis adalah jika kita tidak bisa menjadi yang pertama maka tampilah menjadi yang terbaik. Namun apabila tak mampu hadir sama dengan keduanya maka tampillah berbeda. Untuk tampil beda harus memiliki beberapa syarat diantaranya : Unik dan Sulit ditiru orang, syarat kedua adalah dibutuhkan oleh orang atau konsumen dan ketiga menguntungkan usaha itu sendiri.

Contoh :
Sebuah rumah makan Padang di sebuah kota di Jawa tampil berbeda dengan rumah makan lain dikota itu. Apa yang beda ?
-Sebelum tamu duduk hidangan sudah datang.
– Walau yang dihidangkan banyak yang dibayar hanya yang dimakan.

2. Jurus Elang

Jurus ini melambangkan perilaku elang saat mengincar mangsanya. Seekor elang memiliki mata yang sangat tajam untuk melihat buruannya. Dari jauh elang mengetahui apakah benda yang bergerak di rerumputan itu tikus atau celurut.

Jurus ini memiliki arti bahwa seorang pengusaha mesti cepat tanggap dalam melihat peluang. Bagi mereka yang menggunakan jurus ini tidak ada waktu yang tak memiliki nilai. Dengan bahasa sederhana ia harus memiliki mata tajam dan jeli melihat peluang bisnis.

Contoh :
Sebagai seorang usahawan sewaktu bertemu dengan 10 orang maka yang 8 orangnya harus menghasilkan uang.

3. Jurus Kuda

Kuda adalah lambang kekuatan, lincah dan tak mengenal lelah. Jurus Kuda dalam kewirausahaan mengisyaaratkan bahwa seorang wirausahawan harus bekerja keras. Pada tiap praktik seorang pengusaha tak pernah mengenal masa lelah. Pagi hingga malam jika itu tugas akan menghasilkan keuntungan maka ia dengan senang hati akan mengerjakannya. Meskipun ia bekerja seperti kuda serta ia sama sekali tak merasa seolah-olah tak punya udel atau pusar akan tetapi ia tidak merasa seperti Ipperkuda. Hal itu dapat terjadi karena ia menyenangi pekerjaannya.

Dalam perkembangannya seorang pengusaha bisa saja dapat berubah. Tidak lagi menjadi Kuda tetapi menjadi joki. Artinya meskipun tetap bekerja keras namun yang bekerja adalah pegawai atau kudanya. Tugasnya hanya mengarahkan kuda saja dengan energi lebih sedikit. Pada tahap selanjutnya calon pengusaha itu bahkan tak perlu menjadi Joki, akan tetapi dengan memaksimalkan banyak kuda pacu ia dapat menghasilkan uang.

Ketiga jurus diatas adalah Jurus-Jurus Bisnis yang tidak ada salahnya dapat di coba. Jurus Bisnis tersebut dapat sama-sama kita aplikasikan untuk memulai usaha.

Mari coba kita gunakan Jurus-jurus ini mulai dari sekarang.

Selamat Mencoba !

Sumber :
Buletin Inspirasi Indo Purel Edisi 1 2010 Halaman 3

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 28/02/2011, in Umum. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. tamahan satu jurus lagi, “sekali mendayung dua-tga pulau terlampaui”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: