Social Obligation Management Telah Berakhir

Hari Jumat 18 Februari 2011 saya datang ke kantor seperti biasa menumpang kereta api pukul 06.25 dari Depok. Meskipun mata masih berat saya tetap memutuskan berangkat pada waktu tersebut padahal malam sebelumnya baru tiba dari Jatiluhur membawa 22 orang mahasiswa kerja praktek dalam sebuah kegiatan Fb Maker 14 Goes To Jatiluhur yang merupakan acara yang tak terpisahkan dengan FB MAKER.

Kegiatan Forum Belajar Mahasiswa Kerja Praktek disingkat FB MAKER mula pertama diadakan pada Januari 2009. Pemikiran penyelenggaraan acara yang diperuntukkan bagi para mahasiswa yang sedang menjalankan kerja praktek adalah untuk membekali mereka dalam menghadapi dunia kerja. Pengalaman membuktikan bahwa para lulusan perguruan tinggi belakangan ini banyak yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dunia kerja. Hal itu dikarenakan oleh ketidak siapan mereka dalam menghadapi dunia pekerjaan itu sendiri. Forum yang baik ini telah menghasilkan 14 Angkatan. Banyak dari antara mereka yang telah lulus sudah bekerja pada beberapa perusahaan terkemuka di Jakarta.

Awal pelaksanaan FB MAKER ini di perusahaan adalah semenjak Kepala Divisi masih dipegang oleh Pak Edi Riyanto dengan Manajer Pak Arie Subagdja. Nama kegiatan sharing knowledge ini sebelumnya adalah KP FORUM kepanjangannya Kerja Praktek Forum. Ide awal dijalankan acara ini muncul dari HR Forum yang pada tahun itu gencar di selenggarakan oleh Group Human Capital Management. Dalam session saya di sore hari itu Kepala Group dalam kesempatan tersebut menyampaikan tidak menutup kemungkinan bagi para mahasiswa kerja praktek dikumpulkan kemudian diberikan materi yang dibutuhkan dalam menghadapi dunia kerja. Masukan dari kepala Grup itulah yang kemudian diterjemahkan.

Kerja Praktek Forum atau yang selanjutnya di kenal dengan sebutan FB MAKER diselenggarakan setiap hari Jumat oleh Divisi Learning & Development Departemen Special Training & Knowledge Management unit Social Obligation Management.

Pada akhir kegiatan Fb Maker perusahaan memberikan Sertifikat bagi peserta yang memenuhi persyaratan kehadiran 75 %. Selain itu mulai Angkatan 8, para mahasiswa juga dibawa ke ITCC Jatiluhur untuk mengikuti Team Building sehingga mereka dapat solid menjadi sebuah komunitas tersendiri.

Seiring dengan perubahan yang terjadi sepertinya kegiatan ini termasuk salah satu acara yang tak lagi masuk dalam Divisi baru. Sinyal itu sudah diterima tinggal menunggu pelaksanaan keputusannya saja.

Sayang sekali jika program Social Obligation Management yang telah berjalan puluhan tahun akhirnya harus berhenti di tahun 2011 ini. Satu lagi perusahaan yang peduli dunia pendidikan akan berkurang.

Semoga hal ini tak berlangsung lama sampai perusahaan stabil kembali seiring selesainya program transformasi mendatang.

Bagi komunitas FB Maker mulai angkatan 1 hingga 14 kalian adalah mahasiswa yang beruntung oleh karena itu pergunakanlah modal pengalaman dan didikan selama kerja praktek termasuk program FB Maker itu sendiri sebagai senjata guna menghadapi masa depan kalian. Sukses kita semua.

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 19/02/2011, in Office. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: