FB Maker 14 Goes To Jatiluhur

Tak lebih dari 3 bulan semenjak mendampingi keberangkatan Fb Maker 12 Alva ke Jatiluhur pada bulan Nopember 2010 lalu, saya kembali berkesempatan membawa 22 orang mahasiswa yang tergabung dalam Forum Belajar Mahasiswa Kerja Praktek Angkatan 14 ke ITCC. Kegiatan kali ini dilakukan pada hari Rabu-Kamis/16-17 Februari lalu. Mahasiswa yang sedang melakukan kerja praktek di perusahaan ini sebelum mengunjungi ITCC Jatiluhur mereka telah memperoleh sedikitnya 8 materi sebagai bekal buat mereka untuk merintis masa depannya. Selama kurang lebih satu bulan ini sejak 14 Januari 2011 para mahasiswa ini menerima materi mengenai Bagaimana Cara Membuat Surat Lamaran dan Riwayat Hidup, Business Etiqutte, Apa dan Bagaimana Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Presentation Skill, Tehnik Menulis Artikel, Internet Sehat serta Event Management. Sebagai bahan latihan mahasiswa yang telah memperoleh materi event management ini kemudian dapat langsung melakukan praktek terkait keberangkatan mereka ke Jatiluhur. Saya membebaskan dan hanya mengarahkan mereka mengatur sendiri setiap rencana acara dari awal hingga terlaksananya kegiatan ini. Kepanitiaan kecil yang mereka bentuk juga merupakan hasil pilihan rekan-rekan mahasiswa sendiri dengan proses demokrasi kecil-kecilan. Alhasil acara Fb Maker Goes To Jatiluhur Angkatan 14 dapat terlaksana dengan baik.

Saya bersama ke-22 orang mahasiswa ini berangkat pada hari Rabu 16 Februari 2011 siang menggunakan 4 buah kendaraan. Setelah sempat beristirahat di salah satu rest area terbaik di jalan tol Cikampek akhirnya saya dengan rombongan tiba dengan selamat di penginapan Mentari House.

Mentari House terdiri dari 3 buah kamar tidur dengan kamar mandi masing-masing di dalam. 2 buah kamar mandi lain terdapat di ujung ruang tamu sedangkan sebuah lagi terletak di ujung ruang meeting dekat kamar tengah. Sebuah ruang tamu yang tertata rapi dengan sofa warna kecoklatan tersusun rapi. Di depan sofa ini sebuah televisi ukuran 21 inch terletak di dalam sebuah kotak penyimpan. Sebuah dapur kecil juga tersedia di bagian belakang house dengan kompor gas dan beberapa piring terlihat disamping wastafel tempat mencuci piring. Para mahasiswa yang akan menghabiskan semalam di penginapan yang juga dikenal dengan penginapan J1 ini dapat juga menikmati teh atau kopi bagi yang ingin bersantai sambil mersakan dinginnya suhu yang keluar dari pendingin udara yang terletak di tembok ruang tamu. 3 buah kamar yang ada sebenarnya hanya dapat menampung untuk 8 orang saja namun demi kebersamaan semua kekurangan yang ada seolah sirna adanya. Ooh ya satu lagi fasilitas yang tersedia adalah air hangat disalah satu kamar mandi juga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa kelompok Fb Maker 14 kali ini.

Kegiatan selanjutnya para mahasiswa ini sekitar pukul 7 malam berangkat menuju sebuah tempat legendari bagi karyawan permanen Indosat yakni Bukit Cimumput. Sebuah bukit yang digunakan untuk BTS dan merupakan salah satu bukit tertinggi di Jatiluhur.

Meskipun hanya sebuah games yang dilakukan ditengah dinginnya udara malam itu mahasiswa dari berbagai Universitas ini terekam sangat menikmati acara pada saat tersebut. Di temani oleh alunan musik dari sebuah kendaraan warna merah yang digunakan menambah suasana lebih akrab. Itu semua cukup menghempas kesunyian malam serta menutupi suara televisi di Pos Satpam. Sambil menikmati jagung bakar dan sosis sapi serta wings ayam mereka bercengkrama satu sama lain seolah tak ingin malam ini segera berlalu. Meskipun tanpa nasi sepiringpun acara barbeque yang mereka ikuti dengan senang hati rupanya cukup mengenyangkan perut para mahasiswa yang hadir pada malam itu.

Kabut tipis yang terlihat mulai turun seolah mengingatkan saya untuk membawa mahasiswa dari UI, PNJ, London School dan Universitas Kebangsaan Malaysia kembali ke Mentari House yang berjarak tak lebih dari 15 menit dari Cimumput. Saya bersama para mahasiswa tersebut menutup kegiatan di hari itu dengan doa.

Keesokan hari pada waktu subuh saya mulai mendengar aktifitas di ruangan tamu. Suara adzan dari sebuah Mesjid di dekat penginapan terdengar jelas membangunkan sebagian mahasiswa yang akan menjalankan kewajiban mereka.

Tepat pukul 06.15 menit saya mengajak para mahasiswa tersebut melakukan kegiatan Site Management di seputar kampung tempat menginap. Meskipun jalan basah bekas hujan malam sebelumnya saya tetap memutuskan menjalankan aktifitas ini. 2 hingga 3 orang mahasiswa sempat tergelincir saat menuruni sebuah tebing curam di belakang Barak Siswa Indosat. Namun hal itu sama sekali tak menyurutkan derap langkah kaki mereka melanjutkan perjalanan sesuai rute yang akan ditempuh.

Seusai kegiatan Site Management tanpa menghabiskan waktu lebih lama pada saat istirahat, saya langsung mengajak para mahasiswa ini meneruskan kegiatan pokok hari ini yakni Team Building.

Session Team Building diselenggarakan di Indosat Training & Conference Center Jatiluhur. 2 orang rekan TBO sudah menyiapkan 4 jenis permainan. Keempat permainan kerja sama yang sudah terpasang diarea ITCC diantaranya ; Pindah Kapal, The Muse, Electric Fence, Pindah Bom dan diakhiri dengan Final Project Tong Bocor di kolam renang. Team Building pada kesempatan pagi hari yang cerah itu diawali dengan permainan Blind Lead.

Aktifitas Team Building berakhir dengan kunjungan para mahasiswa ke Stasiun Bumi meskipun mereka dalam keadaan berbasah-basahan.

Sebelum para mahasiswa kembali ke Jakarta mereka menyempatkan berkunjung ke Bendungan Ir. H. Juanda.

Tampak memang kelelahan diraut wajah mereka namun kesukacitaan dalam kebersamaan sepertinya tak juga dapat ditutupi oleh para mahasiswa kerja praktek di Indosat yang tergabung dalam FB Maker Angkatan 14. Kebersamaan itu memang indah.

Terima Kasih Tuhan atas terselenggaranya acara ini. Puji syukur atas keberadaan 14 angkatan yang lahir melalui program Fb Maker yang telah dilaksanakan sejak Januari 2009. Semoga komunitas mahasiswa pemegang masa depan bangsa ini terus berjalan meskipun perubahan demi perubahan terus terjadi. Majulah Alumni Fb Maker masa depan menanti kalian.

Iklan

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok, Ambon

Posted on 18/02/2011, in Office. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: