Roh Kudus Memperlengkapi ; Say No To Magic

Perjalanan mengabarkan Injil Kristus bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Banyak sekali tantangan yang di hadapi terutama oleh Saulus yang kemudian disebut Paulus dan Barnabas. Mereka tidak hanya mengalami penolakan dan penindasan. Sebelumnya pada saat melakukan pekerjaan penyebaran Injil dikota kota yang dikunjunginya Saulus dan Barnabas hanya menjumpai hambatan persoalan nyata dalam kehidupan. Namun sesungguhnya  pekerjaan pemberitaan Injil senantiasa menghadapi pula apa yang biasa dikenal dengan sebutan kekuatan magis. Kekuatan lain yang sifatnya gaib atau roh. Seperti yang kita telah baca pada bacaan malam hari ini. 

Saulus dan Barnabas dipilih oleh Roh Kudus pergi ke Seleukia menuju Siprus dimana keduanya diutus untuk memberitakan firman dan mengajar dirumah rumah ibadat orang Yahudi. Kehadiran Saulus dan Barnabas ditempat ibadat Yahudi bertujuan untuk mengajarkan bagaimana Injil itu sesungguhnya. Sehingga umat tidak memberikan persepsi yang keliru terhadap penyebaran Injil. Pelayanan yang dilakukan mulai dari wilayah Timur hingga ke Barat pulau Siprus 

Setibanya di Pafos ibukota bagian Barat mereka bertemu dengan seorang Yahudi bernama Baryesus. Ia adalah  seorang tukang sihir dan nabi palsu. Baryesus atau Elimas dalam bahasa Yunani ini juga teman Gubernur pulau itu yang disebut Sergius Paulus. Kenapa Sergius yang pejabat, cerdas berteman dengan seorang tukang sihir. Salah satu alasannya adalah mungkin Elimas dipakai sebagai penasehat atau kini disebut penasehat spiritual guna memperkokoh kedudukannya sebagai pejabat negara.

Sebagai ahli nujum tentunya Elimas sering meramalkan sesuatu bagi Gubernur. Bisa jadi selama  Sergius memerintah, Elimas pastinya memberikan saran masukan yang menyenangkan hatinya. Namun kekuatan yang ia miliki adalah dari iblis. Ramalan tersebut memang dibutuhkan oleh Sergius Paulus dalam rangka keberlangsungan pemerintahannya. 

Kehadiran Saulus dan Barnabas di pulau itu rupanya terdengar juga oleh Sergius Paulus. Pejabat Gubernur ini lantas memanggil mereka. Ia tertarik terhadap pengajaran yang dilakukan oleh keduanya. Elimas yang selama ini menjadi penasehat atau ahli nujum baginya ketika mendengar kedatangan Saulus dan Barnabas berusaha untuk membelokkan keingintahuan Sergius Paulus terhadap Injil. 

Melalui pembacaan ini kita mengetahui bagaimana Kekuatan Roh Kudus memperlengkapi Saksi Kristus dan mengalahkan kekuatan iblis yang ada didalam diri tukang sihir. Kekuatan Kuasa Roh Kudus itu jugalah yang dimiliki oleh Saulus. Kekuatan itu dipakai  dalam menghadapi setiap sanggahan mengenai Injil. Dan tentunya juga dipergunakan untuk menghadapi atau menengking kekuatan magis yang berkembang pada masa itu. Termasuk iblis yang ada dalam diri Elimas. 

Saulus seperti tertulis di bacaan malam ini dengan Kuasa Roh Kudus yang dimilikinya ia menghardik Elimas. Apa yang dilakukan oleh Saulus ini telah mengakibatkan Elimas menjadi tak bisa melihat sebab ada sesuatu yang menghalang-halangi penglihatannya. Ia menjadi buta. Roh Kudus sudah mengalahkan kekuatan iblis yang dimiliki Elimas. Ini sebuah bukti bahwa Roh Kudus sungguh luar biasa. Aksi Saulus yang mulai ayat 9 kemudian disebut Paulus ini  membuat Sang Gubernur semakin takjub dan heran. Ia semakin mempercayai kabar baik yang dibawa oleh Saulus dan para rasul.

Meskipun ada usaha membelokkan oleh orang kepercayaannya namun Kuat Kuasa Roh Kudus telah menerangi hatinya sehingga ia tidak lagi mempercayai kekuatan iblis yang selama ini diterimanya dari Elimas. 

Lantas bagaimana kita sebagai pemuda ketika menghadapi persoalan seperti ini. Adakalanya dalam dunia sekolah, kuliah dan pekerjaan kita menjumpai hal serupa.

Guna menghadapi hal tersebut setiap pemuda mesti memperlengkapi diri dengan Kuasa roh kudus. Kuasa Roh Kudus itu tak perlu dicari dimana-mana. Tidak di dukun atau ahli nujum bukan pula di sebuah lokasi pesugihan. Sumber dari semua itu adalah Alkitab. Kita mesti membaca, merenungkan dan melakukan Firman Tuhan yang tersedia di Alkitab. Ketiganya mesti kita penuhi dengan segenap hati. Bukan karena motivasi tertentu. Misal mencari jodoh, pelarian.

Dengan 3M membaca merenungkan dan melakukan firman Tuhan pastilah Dia akan memperlengkapi kita dengan Roh Kudus dalam menghapai setiap kekuatan magis dikehidupan sehari-hari.

Perlengkapi diri dengan kuat kuasa Roh Kudus dan katakan Tidak kepada Magic. Roh Kudus adalah Kekuatan; Say No To Magic

Bacaan Kis 13:4-12

Bahan renungan pimpin GP

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 16/10/2010, in Pelayanan. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Thank you bro..aku suka artikelnya , Sebab Roh yg ada dalam kita ,Lebih besar dari segala roh yang ada dalam dunia..amin..amin

    • Sama-sama Bro….Apapun dan Bagaimanapun Bila Roh Allah Ada di dalam kita kukan bernyanyi seperti Daud Menari dan takkan pernah ada Roh lain yang lebih besar dari Roh Allah, Roh Kudus yang menguatkan kita dalam segala hal Amin JBU

  2. ayo pakai kuat kuasa Roh Kudus dalam kehidupan keseharian kita, Dia lah sumber kekuatan dalam hidup kita. . . . Sebarkan semangat say no to magic

  3. Amin Say No to Magic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s