Si Koncer dari Kemendag

Sebuah imbauan dari Kementrian Perdagangan diluncurkan untuk kita para konsumen. Ajakan yang ditandai dengan pencanangan Program Konsumen Cerdas alias Si Koncer ditetapkan Selasa 30 Agustus 2010 kemarin. Maskot Kancil dengan nama Si Koncer ini bertujuan untuk mengajak para konsumen agar bersikap kritis, teliti serta berhati-hati dalam membeli barang maupun jasa. Pencanangan yang langsung dilakukan oleh Menteri Perdagangan ini diikuti oleh penyampaian pesan penting kepada konsumen.

Keempat pesan penting yang kiranya dapat kita jadikan sebuah pedoman sederhana dalam penentuan pembelian barang atau jasa adalah :

1. Teliti sebelum membeli dengan memperhatikan kondisi fisik produk tersebut harus dalam keadaan yang baik maupun tidak rusak.
2. Perhatikan label dan masa kadaluarsa. Ketentuan pemerintah label harus ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia agar dapat dimengerti.
3. Pastikan produk memiliki tanda jaminan mutu SNI (Standar Nasional Indonesia)
4.Belilah produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.

Paling tidak dengan adanya Si Koncer ini konsumen termasuk saya dapat senantiasa menjalankan dengan baik manakala akan membeli sebuah produk. Hal ini sangat perlu mengingat semakin banyak kejahatan dibidang perdagangan. Mereka yang menjual produk tidak baik itu sama sekali tak memikirkan mengenai bahaya bagi para konsumen. Dalam pikiran para pelaku hanyalah keuntungan belaka dengan modal yang serendah-rendahnya.

Terima kasih Ibu Mari Pangestu, semoga apa yang dicanangkan ini benar-benar bermanfaat bagi saya bersama seluruh konsumen dinegeri ini yang semakin hari semakin dirugikan dengan tindakan produsen nakal.

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 31/08/2010, in Umum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: