Mangapuli

Minggu 18 Juli 2010, sesuai dengan rencana pada saat selesai pemakaman Papa di Kalimulya Excel, Keluarga Besar Opung Harony Hutabarat dan Keluarga Besar Opung Norma Tampubolon mengadakan kunjungan ke rumah di Cimanggis. Maksud dan tujuan dari kunjungan adalah memberikan penghiburan dan kekuatan sebagai saudara bersaudara. Acara yang dilakukan dalam lingkungan orang-orang Batak ini biasa disebut dengan MANGAPULI artinya memberikan penghiburan kepada keluarga yang sedang berduka cita. Itulah kira-kira pengertian arti kata Mangapuli.

Disini Keluarga yang datang membawa makanan, minuman untuk dimakan bersama-sama di rumah duka. Tuan rumah sama sekali tidak direpotkan dengan makanan namun cukup menyediakan piring-piring, makanan kecil apabila diperlukan termasuk minuman mineral.

Mangapuli pada kesempatan sore hari itu dilaksanakan mulai pukul 14.30 WIB, molor lebih dari 30 menit dari jadwal semula. Hadir dalam acara ini kurang lebih 25an orang.

Rangkaian acara Mangapuli diawali dengan makan bersama. Setelah itu baru dilanjutkan dengan acara pokok, dimana ada Ibadah singkat. Ditengah-tengah berlangsungnya acara diceriterakan pula bagaimana Riwayat Hidup papa. Selanjutnya satu-per satu dalam sebuah kelompok berbicara kepada keluarga yang mengalami kedukaan.

Mangapuli seperti ini pernah saya terima pada tahun 2005 lalu dimana acara dilakukan untuk anak pertama saya yang lahir kemudian 7 hari meninggal di sebuah rumah sakit di seputaran Depok.

Melalui acara Mangapuli ini keluarga kiranya diberikan kekuatan serta penghiburan.

Iklan

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok, Ambon

Posted on 20/07/2010, in Keluarga. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: