Sekolah Ngeri, Ngeri Sekolah


Pagi-pagi sekali saya sudah meninggalkan rumah. Rencananya hari ini ingin pulang cepat mengambil paket A. Kereta AC Ekonomi menjadi pilihan. Langsung mencari tempat duduk di Gerbong Satu. Tanpa berdesakan tentunya karena memang belum banyak penumpang. Duduk sederet dengan saya beberapa guru. Mereka sudah tidak muda lagi. Obrolannya menguasai suara diseluruh gerbong. Celotehan para guru mengganggu pembacaan koran yang biasa saya lakukan. Kebetulan pagi ini saya selain membeli surat kabar lain dari hari-hari sebelumnya. Tercetak pada koran tersebut, 267 Sekolah, 100 % siswanya tak lulus ujian.

Sekitar 7000 orang yang tidak lulus mengikuti Ujian Nasional. Betapa sedih hati para orang tua mereka. Entah bagaimana orang tua akan menanggapinya. Sebuah kesulitan pasti mereka hadapi guna memotivasi kembali anaknya yang gagal dalam Ujian kali ini. Para murid dan orang tua sama sekali tidak mempersiapkan untuk menjadi gagal.

Selagi membaca sambil menguping percakapan para guru disebelah saya, ada seorang ibu dengan seorang anak perempuannya juga duduk bersama sederetan dengan saya. Rupanya anak ibu muda ini baru masuk kembali sekolah. Anak murid ini diberikan sanksi skors selama satu minggu. Tidak hanya dia, seorang guru juga diberikan sanksi yang sama persis. Kasihan sekali baru kelas 2 SD sudah harus melakukan tugas sekolahnya.

Jadi berpikir, semoga dimampukan, untuk menjalani dunia pendidikan kita.

Terima kasih atas semuanya

Iklan

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok, Ambon

Posted on 28/04/2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: