Rasa Handarbeni ; DIRGAHAYU PERSADA

Sebagian besar karyawan Indosat mungkin tidak banyak yang tahu. Selain diperingati sebagai hari Kartini, tanggal 21 April 2010 ini merupakan hari bahagia. 4 (empat) tahun sudah genap usia PT. Personel Alih Daya atau PERSADA. Perusahaan Penyedia Jasa Pekerja (PPJP) ini resmi dibentuk pada tanggal 21 April 2006. Ide awal pembentukan PPJP ini adalah untuk menampung karyawan outsourching Kopindosat yang setiap tahun jumlahnya semakin meningkat. Jika masih dikelola oleh Kopindosat maka yang dikhawatirkan ketika itu pelayanan yang diberikan akan tidak menjadi maksimal.

Menara BDN adalah saksi bisu dari proses awal pembentukan PT. Personel Alih Daya. Ruang Meeting lantai 14 merupakan tempat penggodokan awal ide-ide spin off Sub Divisi Outsourcing Kopindosat menjadi Perusahaan. Atas inisiatif dari Pak Heruprobo Soetirto selaku General Manager perbantuan ketika itu, seluruh staf Sub Divisi Outsourching Kopindosat pada saat itu diberdayakan. Semua diminta untuk secara bersama-sama memikirkan pembentukan PERSADA. Mulai dari usulan nama, nilai-nilai perusahan hingga kepada logo perusahaan nantinya. Dari sini baru nanti dibawa ke forum yang lebih besar guna mempertajam proses pembentukannya.

Menurut catatan yang ada diawal pembentukannya Visi pendirian PT. Personel Alih Daya adalah menjadi salah satu perusahaan penyedia jasa layanan ketenagakerjaan di Indonesia yang mampu memberikan pelayan dengan mutu terbaik dan selalu mengedepankan profesionalitas kepada perusahaan mitranya. Sedangkan misi yang diemban adalah memberikan pelayanan yang profesional dan berkualitas kepada pelanggan.

Dalam mencapai misi tersebut diawal pembentukan telah dipikirkan bahwa seluruh karyawan harus selalu menanamkan nilai-nilai kebenaran atau TRUTH. “TRUTH” adalah kata dalam bahasa Inggris yang mempunyai arti kebenaran dimana kebenaran diperoleh apabila seseorang menggali nilai-nila yang baik berdasarkan kepada ; moral yang baik, keikhlasan dan kejujuran. Nilai kebenaran inilah yang diperlukan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Nilai TRUTH ini pada saat pembentukan PT. Personel Alih Daya dapat pula dijabarkan menjadi nilai-nilai yang mempunyai karakteristik seperti : T = Trust, R = Respect, U = Ultimate, T = Tactical, H = Harmony.

Dengan TRUST, perusahaan menjalankan kemitraan, kepercayaan dan kerjasama. Melalui RESPECT, perusahaan melakukan segala sesuatu dengan Senyum, Sapa, Salam Sopan dan Santun atau 5 S. Dalam Ultimate mengandung prinsip 3M yakni mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil dan mulai dari sekarang. Sementara untuk Tactical menggunakan Prinsip 3T yakni Tanggap, Tanggon dan Trengginas. Dan yang terakhir HArmony yang dipakai adalah Selaras, Serasi dan Seimbang.

Sebagian hal diatas adalah sepenggal catatan proposal persiapan Sub Divisi Outsouring menjadi PT. Personel Alih Daya. Saya tidak mengetahui lagi apakah saat ini nilai-nilai luhur yang sudah disusun itu dipergunakan atau tidak. Setahu saya yang terlihat dipakai adalah LOGO PERSADA

Momentum Hari Ulang Tahun ini sebaiknya dapat dijadikan PERSADA untuk melakukan introspeksi lebih dalam lagi. Apakah yang dijalankan saat ini sudah sesuai dengan cita-cita luhur awal pembentukan PERSADA atau belum. Satu hal yang masih belum terlihat adalah belum munculnya “Rasa Handarbeni atau rasa memiliki” yang tinggi pada diri karyawan PERSADA. “Rasa Handarbeni” mestinya harus dipupuk, ditumbuh suburkan sejak mereka menandatangani kontrak PKWTnya sehingga para karyawan akan menjadi lebih bangga memiliki PERSADA.

Mari jadikan PERSADA tetap terus menjadi kebanggaan kita semua, Kalau bukan kita siapa lagi ?

About oomwil

from Budi Kemuliaan to Cijantung, Serang Banten, Semarang, Cimanggis, Depok

Posted on 20/04/2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: